Metro

Pemkot Gagalkan 50-an Kasus Pernikahan Anak


MAKASSAR, BKM–Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) berhasil menggagalkan sekitar 50 kasus pernikahan anak tahun ini.

Melalui intervensi dan pengawasan yang ketat, DP3A berusaha menghindarkan anak usia di bawah 19 tahun untuk menikah dini.
Kepala DP3A Kota Makassar, Tenri A Pallallo, menjelaskan, sebenarnya tahun ini ada sekitar 100-an usulan yang masuk ke DP3A terkait rencana pernikahan anak. Namun, dari angka tersebut, hanya 50-an yang diberi rekomendasi untuk melangsungkan pernikahan.
“Tahun ini, sekitar 100, tapi sekitar 52 ji yang dikasih rekomendasi. Lainnya ditolak,” ungkapnya kepada BKM, Kamis (19/11).
Dia mengemukakan, untuk menikahkan anak dibawah usia 19 tahun, syaratnya sangat ketat. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pasangan dibawah umur yang akan menikah harus mendapat rekomendasi dari DP3A.
“Kalau tidak ada alasan kuat untuk menikahkan yang bersangkutan, seperti hamil duluan, kami tidak akan mengeluarkan rekomendasi. Karena kalau hamil, tidak ada alasanta mau menolak,” ungkapnya.
Pihaknya sudah menyampaikan ke imam-imam pernikahan di KUA agar jangan sekali-kali menikahkan anak di bawah usia 19 tahun jika tidak ada rekomendasi dari DP3A.
“Kalau tidak ada alasan jelas, berurusan dengan aparat itu. Kami akan buatkan laporan pengaduan,” ungkapnya.
Sejauh ini, upaya meminimalisir pernikahan anak secara massif dilakukan DP3A. Diantaranya, dengan melakukan kampanye hingga ke lorong-lorong dan shelter warga.
Dia juga berharap ke depan ada kerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk mengontrol dan mengupayakan cara agar anak-anak tidak ada yang putus sekolah. Selain itu, keluarga juga harus punya peran penting dalam membuka wawasan anak terkait untung rugi menikah dini.
“Yang perlu diajak kerjasama adalah dinas pendidikan. Tidak boleh anak-anak putus sekolah. Karena kalau putus sekolah lain-lainmi pikirannya.
Keluarga harus punya peran penting, ditata baik-baik, diajari menikah itu seperti apa,” tandasnya. (rhm)

Komentar Anda





Comments
To Top
.