Metro

Rudy Bilang Instruksi Mendagri Penting


int Rudy Djamaluddin

MAKASSAR, BKM — Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, menegaskan, akan mencopot kepala daerah yang tidak menerapkan protokol kesehatan secara tegas di wilayahnya masing-masing.
Instruksi itu disambut antusias oleh Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin. Malah, orang nomor satu Kota Makassar itu menganggap penegasan itu menjadi spirit atau semangat bagi pemerintah di daerah untuk lebih ketat lagi dalam menerapkan protokol kesehatan.
“Itu merupakan wujud keseriusan pemerintah pusat yang melihat bahwa protokol kesehatan adalah suatu kunci penting untuk menjamin pengendalian pengendalian wabah covid-19,” ungkap Rudy di rumah jabatan Wali Kota Makassar, Kamis (19/11).
Apalagi, kata dia, Presiden RI Joko Widodo juga sudah mengatakan kesehatan adalah hukum tertinggi di negara ini.
“Artinya, instruksi dari Menteri Dalam Negeri itu merupakan wujud penegasan dari bapak presiden yang harus menjadi perhatian kepala daerah,” ungkapnya.
Dia mengemukakan, pemerintah daerah memang harus lebih memastikan protokol kesehatan bisa lebih ketat dilaksanakan masyarakat.
Statemen Menteri Dalam Negeri itu pun bisa menjadi acuan jika ada masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan.
“Itu bisa menjadi acuan dan semangat kita yang harus disampaikan ke masyarakat. Bahwa ada aturan atau perintah dari pusat, dari atas, tolong jaga protokol kesehatan. Kalau tidak, sanksinya berat,” tandasnya.
Sebelumnya Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, mengatakan, ada ancaman pemberhentian kepada seluruh kepala daerah, jika terbukti melanggar protokol kesehatan di pandemi covid-19.
Tito menyebut, masalah protokol kesehatan ini, bahkan sudah diatur dalam Undang-Undang dalam Pasal 78 UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang kewajiban dan sanksi kepala daerah.
“Kalau (aturan) itu dilanggar, sanksinya diantaranya bisa diberhentikan, sesuai Pasal 78 ini. Nah ini saya sampaikan kepada seluruh gubernur, bupati, wali kota, untuk mengindahkan instruksi ini karena ada risikonya menurut UU,” ucap Tito.(rhm)

Komentar Anda





Comments
To Top
.