Sulselbar

CSR Tonasa Bersaudara, Ciptakan Kemandirian Bagi Masyarakat


BANTUAN -- Kepala Biro CSR Semen Tonasa, Harun Diming (dua dari kiri), didampingi staf Forum CSR Andi Mappe, Kelurahan Samalewa, foto bersama dengan para penerima bantuan CSR Semen Tonasa.
PANGKEP, BKM — CSR PT Semen Tonasa secara berkesinambungan dan terus menerus melaksanakan program-program pemberdayaan masyarakat melalui program pelatihan dan pembinaan forum desa yang berada di wilayah ring satu Semen Tonasa.
Pengembangan masyarakat sekitar merupakan bagian dari tanggungjawab sosial perusahaan kepada stakeholder. Upaya korporasi untuk mendukung peningkatan roda ekonomi masyarakat khususnya masyarakat sekitar pabrik terus digalakkan.
Bekerja sama dengan Forum CSR Andi Mappe, Kelurahan Samalewa, menyelenggarakan sosialisasi dan penyerahan program kerja (Renja) tahun 2020, meliputi bedah rumah 1 unit, pembinaan kelompok wanita tani, pembangunan 2 unit sanitasi sehat (WC), program pembuatan pupuk kompos dengan memanfaatkan sampah rumah tangga, program peningkatan keterampilan remaja dan ibu-ibu (tata rias), serta bina kelompok pemuda perbengkelan las, bertempat di kantor Kelurahan Samalewa, Sabtu, 21 November 2020.
Tanggungjawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa perusahaan memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan dimana perusahaan itu berada.
”Program hari ini adalah sebagai wujud dari program CSR Tonasa Bersaudara. Untuk itu diharapkan bantuan ini dimanfaatkan sebaik mungkin, sehingga bisa memberikan peningkatan kualitas hidup bagi masyarakat, khususnya bagi penerima manfaat,” urai Kepala Biro CSR, Harun Diming.
Di samping itu, tambah Harun Diming, PT Semen Tonasa juga telah menyerahkan bantuan sarana toilet umum yang ada di lokasi Taman Musafir.
Terpisah, Kepala Biro Humas Semen Tonasa, A Muh Said Chalik, menyampaikan, bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian PT Semen Tonasa kepada masyarakat yang ada di sekitar perusahaan.
”Terbangunnya sinergitas antara korporasi dan stakeholder secara berkesinambungan akan membentuk pengembangan kemandirian masyarakat sekitar secara berkelanjutan,” tambahnya.
Hamidah (55 tahun), ibu rumah tangga, salah satu penerima manfaat yang mendapat bantuan bedah rumah, sangat bersyukur atas adanya bantuan ini. Hamidah mengucapkan terima kasih kepada Semen Tonasa melalui program CSR yang selalu membantu masyarakat kecil seperti dirinya. Bantuan ini sangat bermanfaat baginya dan keluarganya.
Ia menuturkan, disaat musim penghujan seperti sekarang ini, dirinya dan keluarganya selalu merasa was-was. Karena rumahnya sudah pasti akan kemasukan air disebabkan banyaknya atap rumah yang bocor.
”Namun dengan adanya bantuan bedah rumah ini, saya merasa bahagia dan sudah tidak diliputi lagi perasaan was-was pada saat hujan. Terima kasih buat PT Semen Tonasa atas bantuan ini,” ucapnya. (amir)
Komentar Anda





Comments
To Top
.