Metro

LAM PT KES Assesmen Lapangan Prodi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Unimerz


Prodi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas Megarezky (Unimerz) menjalani assesman lapangan secara daring.

MAKASSAR, BKM — Prodi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas Megarezky (Unimerz) menjalani assesman lapangan secara daring. Adanya wabah Covid-19 menyebabkan kegiatan akreditasi program studi dilaksanakan secara virtual.

Assesmen lapangan Prodi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan ini merupakan Assesmen Lapangan yang pertama di Universitas Megarezky yang digelar secara daring. Assesmen Lapangan terhadap Prodi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan dilaksanakan selama 4 hari yaitu Rabu – Sabtu 18 – 21 November 2020.

Dalam kegiatan visitasi virtual tersebut, tiga orang asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan ( LAM PT KES) yang terdiri Ibu Emi sutrisminah, S.SiT.,M.Keb, Ibu Sih Rini Handayani, M.Mid., Ibu Suprapti, Amd. Keb., M.Kes

Kegiatan assesmen lapangan daring diawali acara pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan lagu Indonesia Raya dan Pemutaran Video Sarpras Kebidanan Universitas Megarezky, kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.

Sambutan pertama disampaikan Dekan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan (FKK) Universitas Megarezky Dr. Syamsuriyati, SST, SKM, M.Kes. Dalam sambutan tersebut Dekan FKK Universitas Megarezky Dr. Syamsuriyati, SST, SKM, M.Kes menyampaikan bahwa Assesmen Lapangan ini merupakan kegiatan yang sudah lama ditunggu setelah Borang di submit sejak bulan Juni 2020. Ia juga menyampaikan bahwa Assesmen Lapangan merupakan implementasi UU No. 12 Tahun 2012 untuk mutu perguruan tinggi.

Sambutan kedua disampaikan Rektor Universitas Megarezky ( Unimerz) Prof Dr dr Ali Aspar Mappahya, SpPD, SpJP (K). Dalam kesempatan itu ia menegaskan, meski dilaksanakan secara virtual, proses asessmen lapangan ini bisa tetap berjalan maksimal. Hal ini tidak jauh berbeda dengan assesmen lapangan secara langsung.

Ia juga menyampaiakan berbagai upaya telah dilakukan untuk mendorong dan meningkatkan akreditasi prodi misalnya penerapan sistem penjaminan mutu internal (SPMI ) secara utuh di masing-masing prodi di Universitas Megarezky.

Sementara sambutan ketiga dari Assesor mengawali adanya perbedaan waktu antara lokasi asesor dan lokasi perguruan tinggi yang assesemen, menyebabkan harus dilakukan penyesuaian waktu antara keduanya.

Assesor  menyampaikan proses Assesmen Lapangan ini adalah mencocokan data Borang III A dan Borang III B yang perguruan tinggi yang telah disubmit dan prinsipnya adil untuk semua pihak.

Sesi berikutnya dilanjutkan dengan wawancara dekan dan wakil dekan, Kaprodi dan TIM, Tim penjaminan Mutu, kunjungan sapras secara daring

Untuk hari kedua dilanjutkan dengan wawancara dengan mitra wahana praktek, tenaga kependidikan, dosen, mahasiswa dan sesi klarifikasi dokumen borang butir kualitatif dan dilanjutkan dengan penutupan penutupan.

Hadir dalam acara pembukaan dan penutupan Assesmen lapangan dari tersebut Rektor dan para wakil rektor, dekan, ketua lembaga dan beberapa unsur terkait dalam pelaksanaan Assesmen lapangan daring tersebut.

“Semoga hasil Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi sarjana dan pendidikan profesi bidan memperoleh hasil sangat baik minimal nilai B,” ungkap Rektor Unimerz. (rls)

Komentar Anda





Comments
To Top
.