Headline

Satu CPNS yang Lulus Mengundurkan Diri


Tak Bisa Lagi Mendaftar Periode Berikutnya

MAKASSAR, BKM — Sebanyak 526 Calon Pegawai Negeri Sipil (CNS) Pemkot Makassar dinyatakan lulus setelah melewati tahapan seleksi 2019. Namun, ada satu peserta yang dinyatakan lulus mengundurkan diri karena alasan kesehatan. Yang bersangkutan pun tidak mengikuti tahapan pemberkasan seperti yang lainnya.
Akibatnya, satu kuota yang diusulkan Pemkot Makassar jadi kosong. Posisi lowong selanjutnya diusul Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar ke pemerintah pusat.
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKPSDM Kota Makassar, Basri Rakhman membenarkan hal itu. Meski demikian, pergantian peserta tidak bisa serta merta langsung dilakukan.
Berdasarkan Peraturan BKN Nomor 14 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan PNS, disebut pejabat pembina kepegawaian (PPK) instansi melapor kepada BKN dengan melampirkan surat pengunduran diri peserta.
“Kita ambil peserta dengan skor tertinggi hasil integrasi nilai SKD dan SKB di formasi itu, baru kita usul pergantiannya di pusat,” kata Basri Rahman.
Dia menyebut, peserta yang mengundurkan diri berasal dari formasi tenaga pendidik. Ia berharap agar usulan itu bisa segera diterima. “Kita masih menunggu. Jadi harus ada kepastian sebelum penetapan NIP,” ujar dia.
Kata Basri, peserta yang mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus tahap akhir seleksi CPNS ataupun sudah mendapatkan persetujuan NIP, dikenakan sanksi tidak boleh mengikuti seleksi CPNS periode berikutnya.
Sanksi itu tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tahun 2019 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS 2019 Tahun 2019, dan Peraturan BKN Nomor 14 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan PNS.
Kepala Bidang Pengadaan dan Informasi BKPSDM Kota Makassar Kadir Masri, mengatakan tahapan pemberkasan CPNS Pemkot Makassar diperpanjang hingga 21 November mendatang.
Perpanjangan itu untuk mengakomodir penggantian peserta yang mengundurkan diri. Kata Kadir, semua peserta sudah melakukan pendaftaran. Hanya perlu sedikit perbaikan. “Tapi itu tidak terlalu krusial. Mislanya alamat berbeda. Cuma itu saja yang kebanyakan,” ucap dia.
Kadir menyampaikan setelah proses pemberkasan, tahapan selanjutnya yakni terhitung tanggal masuk (TMT) CPNS 2019 yang ditetapkan 1 Desember. BKN akan melakukan validasi data peserta yang dinyatakan lulus hasil verifikasi masing-masing instansi.
“Validasi data peserta ini merupakan rangkaian tahapan penerbitan Nomor Induk Pegawai (NIP),” tandasnya. (rhm)

Komentar Anda





Comments
To Top
.