Headline

Empat Paslon PD di Debat Kedua


MAKASSAR, BKM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar akan menggelar debat kedua tetap di Jakarta, Selasa malam (24/11). Debat akan diikuti empat pasangan calon (paslon) yang akan bertarung di pilwali 9 Desember mendatang. Mereka kian percaya diri (PD) menghadapi tahapan ini.
Paslon wali kota dan wakil wali kota nomor urut satu Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Danny-Fatma), mengaku tanpa persiapan khusus jelang debat publik kedua. Materi debat ini tergolong lumrah bagi Danny maupun Fatma. Yakni tentang reformasi birokrasi, pelayanan publik, penataan kawasan perkotaan, dan ekonomi.
Keduanya sudah berpengalaman dalam hal tata kelola pemerintahan hingga penataan kawasan Kota Makassar. Beragam torehan prestasi Danny saat menjabat wali kota yang akan dijabarkan kembali sebagai bahan untuk menyegarkan ingatan warga Kota Makassar. Hal ini sekaligus untuk meyakinkan publik atas program prioritasnya bersama Fatma.
“Insyaallah kita siap. Hari ini (kemarin) kita berangkat ke Jakarta. Kita tidak ada persiapan khusus, karena konsep pertama kita adalah meremind orang. Debat publik kedua ini adalah momentum untuk mengingatkan. Karena kadang-kadang cepat pelupa. Kemudian memang ada yang sengaja melupakan itu dengan informasi-informasi yang justru tidak punya dasar fakta,” beber Danny, Senin (23/11)
Danny mencontohkan sejumlah prestasi yang diraih Pemkot Makassar di bawah kepemimpinannya yang mulai dilupakan warga dengan banyaknya isu-isu miring yang diembuskan oleh oknum tertentu.
“Misalnya di bidang kesehatan, mereka lupa bahwa kita itu pernah nomor satu di ASEAN melalui program home care with telemedicine. Itu dijadikan program di kawasan ASEAN secara resmi. Itu banyak orang yang tidak tahu, atau karena sudah dua tahun jadi mereka lupa,” ucap Danny.
Danny mengaku akan berbagi tugas dengan Fatma dalam menjabarkan hal-hal yang terkait tema debat tersebut. Sehingga waktu yang digunakan dapat lebih maksimal dan efisien.
Juru bicara Danny-Fatma, Indira Mulyasari Paramastuti menambahkan, pasangan Adama akan membacakan visi misi secara rinci. “Insyaallah pasangan Danny-Fatma siap. Targetnya menyampaikan dan memaparkan visi misi secara terperinci dan dipahami oleh masyarakat Makassar. Pada dasarnya sesuai tema debat kali ini sudah pernah dilakukan Pak Danny sebagai petahana. Mudah-mudahan waktu dalam pemaparan bisa sedikit lebih panjang,” jelas politisi Nasdem ini.
Pasangan nomor urut dua Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman) juga sudah sangat siap untuk seluruh tema debat kedua ini. Selain karena seluruh tema juga sebenarnya telah diakomodir dalam visi-misi, pasangan dengan latar belakang pengusaha-birokrat ini akan menawarkan solusi visioner dalam penyelesaian masalah reformasi birokrasi yang dianggap gagal dari pemerintahan sebelumnya.
“Appi-Rahman menilai kegagalan reformasi birokrasi di masa lalu menjadi penyebab buruknya pelayanan publik, ketidakpastian tata kawasan, serta gagalnya pemerintah mendistribusikan kesejahteraan rakyat di tengah pertumbuhan ekonomi yang diciptakan sektor swasta,” ujar juru bicara Appi-Rahman, Moh Fadli Noer, kemarin.
Adapun pasangan nomor urut tiga Syamsu Rizal MI-Fadli Ananda (Dilan) mengaku lebih santai dan lebih siap dibanding debat sebelumnya.
Menurut calon wali kota Makassar, Syamsul Rizal pihaknya tidak melakukan apapun untuk menghadapi debat kedua. Sebab materi atau tema debat yang akan dilakukan besok sesuai visi misi dan program Dilan.
“Alahmdulliah, kita sudah siap sekali. Persiapan khusus kami cuman kesehatan. Kalau soal materi debat kedua ini selalu kita bahas dalam sosialisasi dan kampanye. Sebenarnya kita tidak sabar, karena ini bagian dari kesempatan kami untuk memperkenalkan program-program kami untuk masyarakat kota Makassar,” ungkapnya, Senin (23/11).
Lanjutnya bahwa tema debat kedua justru lebih menguntungkan baginya. Sebab kebanyakan visi misi Dilan dan programnya yang sesuai dengan tema.
“Kami punya program Birokrasi Dilan. Juga ada program Klinik Pelatihan Orientasi Pelayanan yang lebih luas lagi dan menyentuh seluruh sektor,” ujarnya.
Bahkan, Deng Ical mencanangkan pelayanan publik berupaya layanan home service guna memudahkan masyarakat. Terakhir soal ekonomi dan penataan kawasan, di mana pembangunan kelurahan dan kecamatan akan berbasiskan karakteristik dan potensi wilayah.
Paslon nomor urut empat Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin Halid (Imun) sangat siap mengikuti debat kedua. Muwafiq, juru bicara pasangan Imun menegaskan bila pihaknya sudah total dan sangat siap untuk menghadapi debat putaran kedua.
Penguasaan materi debat tidak diragukan lagi. Apalagi bagi Irman Yasin Limpo yang juga merupakan adik Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, punya pengalaman yang matang di dunia birokrasi.
“Insyaallah Pak Irman dan Pak Zunnun akan menyampaikan materi debat dengan santai dan terbuka agar mampu memberi jawaban kepada masyarakat bahwa pasangan Imun memang layak untuk memimpin Kota Makassar,” ungkap Muwafiq.
Dia pun meminta dukungan dan doa warga Makassar agar pelaksaan debat nantinyan bisa berjalan baik, lancar, dan aman.
“Untuk harapan agar semuanya berjalan dengan lancar baik dan aman di dalam dan di luar ruang debat,” tandasnya. (jun-rhm)

Komentar Anda





Comments
To Top
.