Politik

800 Lembar Surat Suara di Gowa Kategori Rusak


BKM/IST RUSAK--Suasana penyortiran surat suara di Aula Kantor KPU Gowa. Hasil sortir itu ditemukan beberapa lembar kertas yang rusak.

GOWA, BKM–Proses penyortiran surat suara yang saat ini berlangsung di aula kantor KPU Gowa, ditemukan ratusan lembaran terkategori rusak.
Di hari kedua penyortiran surat suara, tercatat sekira 800 lembar surat suara dalam kondisi rusak.
Ketua KPU Gowa Muhtar Muis saat dikonfirmasi, Selasa (24/11) mengatakan, pihaknya telah menemukan sekitar 800 surat suara yang dikategorikan rusak itu.
“Iya, sudah ada 800 surat suara ditemukan rusak. Kategori kertas surat suara yang rusak ini yakni karena kertasnya terpotong, ada gradasi warna pada gambar, ada yang sobek dan ternoda tinta,” kata Muhtar Muis.
Terkait temuan surat suara rusak ini, Muhtar Muis mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak percetakan untuk penggantian segera.
“Itu kami anggap untuk sementara dikategorikan cacat sambil komunikasi lebih lanjut dengan pihak KPU RI. Nanti kami minta ke percetakan untuk penggantian kekurangan itu,” kata Muhtar Muis.
Menurutnya, surat suara dari KPU RI tersebut telah tiba di Gowa Sabtu (21/11) malam sebanyak 273 dos yang berisi 545.921 lembar surat suara (termasuk PSU 2.000 lembar). Surat suara ini tengah disortir/dilipat oleh 135 tenaga sortir yang disiapkan KPU Gowa.
Terpisah, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengajak seluruh organisasi kemasyarakatan (ormas) untuk berperan aktif mengawasi pilbup 9 Desember 2020 mendatang.
Ketua Bawaslu Gowa Samsuar Saleh mengatakan pilbup tentu sangat rawan berbagai pelanggaran. Karena itu ormas harus turut melakukan pengawasan agar pelaksanaan Pilkada 2020 ini bisa terhindar dari berbagai hal yang mampu menciderai Pilkada damai dan sehat yang diinginkan bersama.
” Saya mengajak para ormas untuk bersama-sama dengan kami (Bawaslu) mengawasi
pelaksanaan Pilkada ini agar tercipta Pilkada yang damai, sehat dan lancar. Ormas harus tau dan paham aturan Pilkada sehingga terhindar dari pelanggaran itu sendiri,” tambah Samsuar, Selasa (24/11).
Di Kabupaten Maros, Polres telah menjamin semua logistik berupa kertas suara jelang pemilihan bupati (pilbup) yang tiba kantor KPU Maros.
Menurut Kabag Ops Polres Maros AKBP Muhammad Jufri, keamanan logistik pemilu berupa kotak dan kertas surat suara sudah tiba di gudang logistik KPU. “Anggota telah berjaga 1×24 jam untuk menjamin keamanannya hingga proses pilkada selesai. Semua logistik yang tiba dijaga petugas 1x 24 jam secara bergantian,”jelas Kabag Ops.
Selain logistik, keamanan para komisioner KPU juga menjadi prioritas untuk diamankan agar mereka juga dapat menjalankan tugas dengan baik tanpa ada rasa kekhawatiran ataupun tekanan apalagi intimidasi.
Untuk itu diharap masyarakat untuk menyambut pilkada Maros yang dilaksanakan secara serentak dengan hati gembira. Sementara pasangan tiga calon bupati dan wakil Bupati dapat mendinginkan suasana mengajak pendukungnya tetap damai menjaga kondusifitas.
“Waktu pelaksanaan Pilkada sisa beberapa hari lagi, mari kita bersama sama menyambut pesta demokrasi ini dengan perasaan gembira,” ajar Jufri.
Sementara Kasipropam Polres Maros Iptu Duddin mengungkapkan, personel yang bertugas di KPU dan Bawaslu Maros tetap dicek kehadirannya sehingga pelaksanaan tugasnya betul-betul terlaksana dengan baik. Selain itu netralitas polisi kami junjung tinggi. (ari-sar/rif)

Komentar Anda





Comments
To Top
.