Bisnis

Bertemu Media, Elnusa Petrofin Jelaskan Lini Bisnisnya


FOTO BERSAMA -- Putiarsa Bagus Wibowo, Corporate Communication Head PT Elnusa Petrofin didampingi Edy Tuah Syahputra Area Manager Transportasi wilayah IV (Pulau Sulawesi), foto bersama dengan wartawan secara berjarak sesuai protokol kesehatan.
MAKASSAR, BKM — Selama 24 tahun PT Elnusa Petrofin (EPN) hadir di Indonesia untuk mendistribusikan Bahan Bakar Minyak (BBM) hingga ke pelosok negeri dari Sabang sampai Merauke.
Elnusa Petrofin didirikan di Jakarta pada 5 Juli tahun 1996. EPN adalah anak perusahaan dari PT Elnusa Tbk. Dimana, PT Elnusa Tbk sendiri merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero). PT Elnusa Petrofin bergerak dibidang jasa logistik dan distribusi BBM. Terutama Jasa Transportasi BBM, Energy Storage Management (Fuel, Gass, Aviation), Industry and Marine Fuel, Lubricant dan Chemical Integrated Service.
Hal ini disampaikan Putiarsa Bagus Wibowo, Corporate Communication Head PT Elnusa Petrofin didampingi Edy Tuah Syahputra Area Manager Transportasi wilayah IV (Pulau Sulawesi) di sela acara silaturahmi media dan mini media gathering yang diikuti sejumlah perwakilan wartawan di Hotel Arthama Makassar, Kamis, 3 Desember 2020.
Seperti disampaikan Putiarsa, silaturahmi media ini tidak hanya dilakukan untuk media di wilayah Sulawesi Selatan, tapi juga daerah lainnya di Indonesia.
Kegiatan ini dimaksudkan sebagai sarana keterbukaan informasi Elnusa Petrofin terhadap masyarakat luas dan key stakeholder. Termasuk media. Sekaligus semakin mempererat hubungan antara media dengan perusahaan.
”Kami sebenarnya ingin kegiatan media gathering ini tidak bersifat mini ini meriah. Tapi karena adanya pandemi Covid-19, maka media gathering terpaksa dilakukan secara terbatas. Karena kita juga harus mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Semoga ke depannya sudah bisa dilakukan dengan meriah,” kata Putiarsa.
Pada kesempatan tersebut, Putiarsa juga menjelaskan mengenai lini bisnis di Elnusa Petrofin , utamanya tranportasi Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina di wilayah Sulawesi yang dikelola dan didistribusikan oleh Elnusa Petrofin.
Elnusa Petrofin merupakan salah satu ujung tombak Pertamina untuk menyalurkan BBM PSO (public service obligation) dan BBM Satu Harga ke seluruh penjuru Nusantara.
Di wilayah Sulawesi, Elnusa Petrofin mengelola operasional Fleet Management di Integrated Terminal Pertamina Makassar, Fuel Terminal Pertamina Parepare, Fuel Terminal Pertamina Palopo, Fuel Terminal Pertamina Donggala, Fuel Terminal Pertamina Gorontalo, Fuel Terminal Pertamina Moutong, Integrated Terminal Pertamina Bitung, Fuel Terminal Pertamina Kendari, Fuel Terminal Pertamina Baubau, Fuel Terminal Pertamina Pulau Raha, Fuel Terminal Pertamina Poso, Fuel Terminal Pertamina Kolonodale, Fuel Terminal Pertamina Tolitoli, Fuel Terminal Pertamina Kolaka, Fuel Terminal Pertamina Tahuna, dan Fuel Terminal Pertamina Banggai.
Sedangkan untuk pengelolaan LPG Storage, Elnusa Petrofin memiliki Depot LPG di Amurang, Minahasa Selatan. Wilayah-wilayah ini merupakan tempat asal pengantaran Bahan Bakar Minyak (BBM) ke wilayah-wilayah pelosok yang ada di pulau Sulawesi, termasuk di wilayah Sulawesi Selatan.
Didukung lebih dari 900 orang awak mobil tangki (untuk seluruh wilayah Sulawesi), setiap harinya mobil tangki BBM Pertamina yang dibawa awak mobil tangki EPN mengantarkan energi di jalan wilayah Sulawesi, untuk memenuhi kebutuhan di setiap SPBU.
Putiarsa Bagus Wibowo juga menjelaskan, untuk kegiatan Corporate Social Responsbility (CSR), juga giat dilakukan Elnusa Petrofin. Di akhir 2019 lalu, EPN melaksanakan kegiatan pelatihan UMKM Produk Perikanan di wilayah Fuel Terminal Palopo.
Juga ketika banjir bandang di wilayah Masamba, Elnusa Petrofin turut hadir dalam program CSR membantu masyarakat. Selain itu, di wilayah Ujung Tanah, Kota Makassar, Elnusa Petrofin mengadakan sosialisasi dan pelatihan safety riding bagi masyarakat. Mengingat lokasi tersebut banyak dilalui kendaraan besar. Sehingga pelatihan tersebut, dilakukan untuk mencegah dan mengurangi kecelakaan di jalan raya.
Selama 2020, Elnusa Petrofin banyak mengadakan kegiatan terlebih mengenai penanganan COVID-19 seperti penyemprotan disinfektan di sejumlah perkantoran dan perumahan warga di ring 1 unit operasional. Ditambah dengan pemberian Sembako serta pembagian alat belajar kepada anak-anak untuk memenuhi kebutuhan di berbagai aspek.
”Dengan penjelasan dan pemaparan mengenai Elnusa Petrofin, kami berharap rekan-rekan media di wilayah Sulawesi khususnya di Sulawesi Selatan telah mengetahui siapa perusahaan yang mengoperasikan ratusan mobil tangki yang berlalulalang. Sehingga ke depannya, jika ada kejadian atau informasi yang dibutuhkan, media lokal di wilayah Makassar telah mengetahui sumber yang pasti. Dan segala informasi terkait distribusi dapat tersampaikan dengan baik,” pungkas Putiarsa Bagus Wibowo. (amir)
Komentar Anda





Comments
To Top
.