Headline

Bupati Positif Covid Usai Rapat HJB


22 Pejabat Bantaeng Jalani Tes Usap, Besok Diketahui Hasilnya

BANTAENG, BKM — Usai memimpin rapat evaluasi pelaksanaan Hari Jadi Bantaeng (HJB) ke-766, Selasa (1/12) sore, Bupati Bantaeng H Ilham Azikin menjalani swab test di rumah jabatan. Hasilnya pun keluar Kamis (3/12). Ia terkonfirmasi positif covid-19.
Asisten I Bidang Pemerintahan Hartawan Zainuddin mengatakan, setelah keluar hasil tes usap bupati dan dinyatakan positif, ia menginstruksikan agar semua yang terlibat kontak langsung dengannya untuk dilakukan swab. Hartawan mengkoordinir pelaksanaan swab di kantor bupati, tepatnya di ruang rapat Asisten II Bidang Ekonomi, kemarin.
“Bapak (bupati) perintahkan agar semua yang kontak langsung dengan beliau pada rapat hari jadi untuk menjalani swab,” ujarnya.
Diungkapkan Hartawan, sebanyak 22 pejabat lingkup pemkab sudah menjalani swab. Selain itu, kata dia, dua wartawan yang mewawancarai bupati seusai rapat HJB dan beberapa pengurus partai, juga menjalani pemeriksaan dari tim medis penanganan covid-19 Kabupaten Bantaeng.
Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bantaeng dr Andi Ihsan mengatakan, setelah dinyatakan terkonfirmasi positif, bupati langsung melakukan isolasi mandiri. Hal itu akan dilakukannya selama 14 hari ke depan.
Kepala Dinas Kesehatan Bantaeng ini menjelaskan, bupati mengimbau semua yang sempat kontak langsung dengannya agar menjalani tes. “Bapak Bupati berpesan kepada semua orang yang kontak erat dengan beliau dalam rentang waktu 14 hari ke belakang untuk segera melakukan testing,” terangnya.
Diungkapkannya, usai bupati terkonfirmasi positif, semua orang yang bertugas di rujab bupati menjalani testing. Termasuk anggota keluarganya.
Dikemukakan Hartawan, setelah bupati dinyatakan terpapar virus corona, dia meminta agar menunda semua kegiatan yang bisa memicu terjadinya kerumunan orang.
Hal senada disampaikan Ihsan. Bupati berpesan kepada masyarakat agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan dengan mengindahkannya. Caranya dengan melakukan 4M, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir secara teratur, menjaga jarak, serta menghindari dan mencegah terjadinya kerumunan.
Petugas yang melakukan swab mengatakan, testing yang dilakukan kemarin, hasilnya dapat diketahui 2 x 24 jam kemudian. “Hari Sabtu atau 2 x 24 jam dari sekarang sudah bisa diketahui hasilnya”, ucapnya.
Menyusul mencuatnya kasus penularan covid-19, peringatan hari jadi Bantaeng yang jatuh pada hari Senin (7/12), digelar secara virtual. Menggunakan aplikasi zoom, pejabat serta pimpinan OPD akan ambil bagian dalam kegiatan ini. (wam/b)

Komentar Anda





Comments
To Top
.