Headline

CRC: Elektabilitas Danny-Fatma Masih Teratas


MAKASSAR, BKM — Lembaga survei, riset, dan penelitian Celebes Research Center (CRC) merilis hasil survei untuk empat pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar 2020. Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar nomor urut satu Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Danny-Fatma) masih unggul dengan tingkat keterpilihan atau elektabilitas 45,9 persen.

Di peringkat kedua ditempati pasangan nomor urut dua Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman) dengan 35,2 persen. Di posisi ketiga ada pasangan nomor urut tiga Syamsu Rizal-Fadli Ananda (Dilan) dengan perolehan 9,6 persen. Sedangkan pasangan nomor urut empat Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin Halid (Imun) tertinggal jauh dengan hanya memperoleh 6,6 persen. Survei CRC masih menyisakan responden yang belum menentukan pilihan atau belum memberikan jawaban sebesar 2,7 persen.

Manajer Riset CRC Muhammad Nur Hidayat memaparkan hasil risetnya di Hotel Grand Maleo, Kamis (3/12). Sebelumnya, CRC sudah pernah merilis hasil survei yang juga menempatkan pasangan Danny-Fatma di urutan pertama dengan 40,4 persen, dan posisi kedua pasangan Appi-Rahman dengan 23,5 persen. Lalu berturut-turut pasangan Dilan dan Imun dengan 14,0 persen serta 6,6 persen.


Hidayat berujar bahwa survei dilakukan setelah penetapan pasangan calon oleh KPU kota Makassar dengan melibatkan 1.000 responden yang berasal dari 15 kecamatan. “Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara tatap muka, menggunakan kuisioner pada rentang waktu 23 hingga 28 November,” ujarnya.
Survei ini juga menggunakan metode multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen, serta margin of error sebanyak 3 persen.
Sehari sebelumnya, lembaga survei Roda Tiga Konsultan (RTK) juga memaparkan hasil surveinya yang dilakukan pada 14 hingga 16 November. Survei tersebut menunjukan elektabilitas atau tingkat keterpilihan Appi-Rahman di atas paslon lainnya.

Appi-Rahman mengantongi angka elektabilitas 33,6 persen. Disusul paslon Danny-Fatma dengan 33,2 persen. Sementara di posisi ketiga ditempati paslon nomor tiga dilan dengan elektabilitas 10,7 persen.
Adapun di posisi buncit ditempati paslon nomor empat Imun dengan elektabilitas 3,8 persen.
Hasil Survei tersebut merupakan hasil wawancara dengan melibatkan 820 responden.
Sementara hasil survei simulasi dengan mencoblos kertas suara, dengan jumlah responden yang sama 820. (jun)

Komentar Anda





Comments
To Top
.