Connect with us

Headline

Adama Unggul, Appi Beri Selamat

AdnanKio Pecahkan Rekor di Gowa

-

MAKASSAR, BKM — Kontestasi pemilihan wali kota (pilwali) Makassar dan pilkada serentak pada 11 kabupaten di Sulsel telah dihelat, Rabu (9/12). Pesta demokrasi lima tahunan ini berlangsung aman.
Dari hasil hitung cepat (quick count) yang dilakukan sejumlah survei, untuk pilwali Makassar, pasangan nomor urut satu Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Adama) berhasil mengungguli tiga rivalnya. Masing-masing paslon Munafri Arifuddin-Abd Rahman Bando (Appi-Rahman), Samsu Rizal-dr Fadli Ananda (Dilan), serta Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin Halid (Imun).
Citra Publik Indonesia (CPI) dan Konsultan Citra Indonesia (KCI), anak perusahaan PT Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyampaikan hasil hitung cepat di Hotel Claro, kemarin sore. Adama mendapatkan 41,38 persen, Appi-Rahman 34,79 persen, Dilan 19,09 persen, serta Imun 4,74 persen.
Direktur CPI Anggoro memaparkan data, keterpilihan Danny yang juga mantan wali kota ini unggul di hampir semua kecamatan yang ada di kota Makassar. Meski demikian, pasangan yang diusung Partai Nasdem dan Gerindra ini tetap menunggu hasil rekap yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).
Anggoro mengemukakan bila lembaganya menggunakan metode multistage random sampling dengan mengambil data di 250 TPS untuk Makassar. Kenapa Danny-Fatma unggul? Salah satunya, menurut Anggoro, yakni pasangan ini memiliki tingkat pengenalan yang sangat tinggi. Masing-masing Danny 94 persen lebih, sedangkan Fatma 70,9 persen. Faktor lainnya yakni gender dan hasil debat kandidat,” ujar Anggoro.
Pengamat politik Dr Luhur A Prianto mengemukakan, bila rumusnya normatifnya sederhana, Adama menjadi “musuh bersama”, namun kekuatan penantang tidak terkonsolidasi. Dinamika lapangan tentu tidak sesederhana itu. Tampilnya tiga paslon penantang, membuat fragmentasi dukungan pada pemilih yang pro-perubahan. Militansi pendukung dan peran partai politik pengusung juga berperan penting.
Pascaterdiskualifikasi di pilwali 2018, Danny Pomanto masih membina hubungan dengan jejaring politiknya. Ia juga mengambil peran sebagai oposisi tokoh-tokoh politik besar. Kemenangan DP tentu tidak terlepas kegagalan strategi dan isu-isu yg mainkan pihak lawannya.
Dinyatakan unggul dari hasil hitung cepat, Moh Ramdhan Pomanto menyatakan rasa syukurnya. Walau begitu, ia mengajak para simpatisan dan relawannya untuk tidak euforia. Termasuk tidak melakukan konvoi kemenangan di jalan.
”Mari kita menunggu hasil penghitungan dan rekap suara hingga penetapan yang dilakukan oleh KPU. Mari kita merayakannya dengan menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan atas apa yang telah diraih,” tandasnya.
Kepada tiga pasangan calon, Danny menyampaikan terima kasih atas masukan ketika tahapan debat berlangsung. Apa yang disampaikan dalam debat tersebut akan diakomodasi oleh paslon Adama dalam penyelenggaraan pemerintahan ke depan.
Di tempat terpisah, cawali Munafri Arifuddin bersama cawawali Abd Rahman Bando memberi keterangan sesaat seusai hasil hitung cepat rampung. Appi menyampaikan selamat dan sukses kepda pasangan Adama. Ia berharap, kepemimpinan pasangan Danny-Fatma bisa membawa Makassar jauh lebih baik ke depan.
”Kami bersama Pak Rahman siap jika dibutuhkan untuk ikut dalam proses pembangunan di Makassar yang sama-sama kita cintai,” ujarnya, yang disambut applaus.
Kepada semua relawan, tim sukses serta seluruh masyarakat Kota Makassar, Appi menyampaikan bahwa semua sudah melakukan yang terbaik dalam kontestasi tahun ini. ”Tapi hasilnya mungkin tidak sesuai harapan kita. Janganlah ini membuat kita sedih dan berhenti untuk berbuat bagi kota Makassar. Besok kita kembali satu menjadi warga kota Makassar memberi kontribusi terbaik bagi kota yang kita cintai bersama,” tandasnya.

Laman: 1 2 3 4 5

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini