Connect with us

Headline

Sangat Bersemangat saat Kampanye Terakhir

Cabup Barru H Malkan Amin Berpulang di Hari Pencoblosan

-

IST SEMASA HIDUP-HM Malkan Amin semasa hidupnya. Ia begitu bersemangat ketika berlangsung kampanye terakhir di tahapan pilkada Barru.

DUKA menyelimuti masyarakat Kabupaten Barru. Di hari pencoblosan, Rabu (9/12), seorang calon bupati yang bertarung dalam perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada) pergi untuk selama-selamanya. HM Malkan Amin menghadap Sang Ilahi.

CABUP nomor urut tiga ini mengembuskan napas terakhirnya pukul 11.30 Wita di Rumah Sakit Dr Wahidin Sudirohusodo, Makassar. Ia terkonfirmasi terinfeksi covid-19.
Kabar duka ini awalnya ramai diunggah di sejumlah grup sosial media (sosmed). Termasuk di grup pengurus Golkar Sulsel.
Awalnya, informasi berpulangnya politisi senior Partai Golkar ini disangka hoaks. Banyak yang menduga kabar tersebut sengaja disebarkan untuk mengalihkan perhatian pendukung kubu Malkan Amin yang berpasangan cawabup A Salahuddin Rum di saat pencoblosan berlangsung. Namun, berita tersebut benar adanya.
Sekretaris Partai Golkar Barru Bayasit yang dikonfirmasi di awal beredarnya informasi ini, mengaku belum menerima informasi langsung dari pihak keluarga Malkan. Ia memperkirakan dirinya belum dihubungi karena keluarga dekat almarhum dalam suasana berduka.
“Kami sudah beberapa kali mencoba menghubungi Boby, putranya. Tetapi belum ada komunikasi yang terhubung ke handphonenya,” ujar Bayasit.
Walau begitu, Bayasit sudah yakin jika Malkan sudah meninggal dunia karena para petinggi Golkar sudah ada yang menyampaikan ucapan belangsungkawa atas meninggalnya calon bupati usungan Partai Golkar ini. Termasuk ada penyampaian belangsungkawa dari HM Nurdin Halid.
Bayasit mengaku terakhir bertemu dengan almarhum saat kampanye terakhir di Desa Ajakkang, Jumat sore (4/12). Ia mengaku tak punya firasat apapun kalau itu menjadi pertemuan terakhir dirinya dengan Malkan.
“Saya sempat mengingatkan soal waktu jadwal kampanye akan berakhir pukul 17.00 Wita. Beberapa kali saya beri kode dengan menunjuk jam tangan. Ketika itu langsung dijawab dengan anggukan. Saat kampanye terakhir itu dia sangat bersemangat, karena begitu banyak warga yang tidak mau meninggalkan rumah yang menjadi tempat kampanye terakhir,” jelasnya.
Calon bupati yang menjadi kompetitor Malkan di pilkada Barru, Mudassir Hasri Gani (MHG) yang dihubungi secara terpisah, mengaku kaget menerima kabar meninggalnya yang merupakan tokoh nasional ini.
Begitu saya dengar informasi tersebut, Mudassir langsung menuju Home Stay  Hana yang selama ini menjadi tempat Malkan saat pilkada. Lokasinya di Jalan Syekh Yusuf, Kota Barru.
“Saya ke tempat Pak Malkan untuk membuktikan informasi yang beredar tentang meninggalnya beliau, apakah hoaks atau benar. Saat masuk ke home stay itu masih ada putra almarhuim dan beberapa keluarga. Informasi dari pihak keluarga memastikan kalau Pak Malkan telah meninggal dunia. Makanya, saat itu juga saya langsung menyampaikan ucapan duka yang mendalam. Sebagai anak muda, saya merasa sangat kehilangan seorang tokoh Barru yang telah lama berkiprah di kancah politik nasional,” bebernya.
Bupati Barru Suardi Saleh menyatakan dirinya baru mendengar kabar meningganya HM Malkan Amin sekitar pukul 12.00 Wita. ”Informasi meninggalnya Pak Malkan menjadi duka masyarakat Barru. Saya sering berkomunikasi dan intens bersilaturahmi dengan Pak Malkan dalam berbagai kesempatan. Dia itu politisi senior dan sangat mencintai Kabupaten Barru. Makanya kita merasa kehilangan atas meninggalnya seorang tokoh Barru ini,” ucap Suardi, yang juga calon bupati Barru.
Pemilik Home Stay Hana, Syarifuddin seolah tak percaya jika Malkan telah pergi untuk selama-lamanya. Ia mengaku kaget menerima kabar duka dari Boby dan Aco, dua putri Pak Aji (panggilan Syarifuddin untuk Malkan Amin di masa hidupnya). Dua putra almarhum yang setia mendampingi almarhim selama berlangsungnya tahapan kampanye.
Malkan Amin disebutkan ke Makassar pada Sabtu (5/12) malam. Ia hanya didampingi putrinya bersama ajudan dan anggota kepolisian yang bertugas sebagai patwal. Sementara istrinya menyusul ke Makassar pada hari Senin (7/12). (udi/b)

Laman: 1 2

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini