Connect with us

Headline

Lebih 100 Kasus Sehari, Enam Puskesmas Ditutup

Belasan Nakes Terpapar dan Jalani Isolasi Mandiri

-

23.199 Terkonfirmasi Positif

Selain di Makassar, kasus penyebaran covid-19 di Sulawesi Selatan juga mengalami peningkatan. Berdasarkan data Satgas Covid-19 Sulsel, hingga 13 Desember 2020, tercatat total sudah ada 23.199 orang yang terkonfirmasi positif.
Data pada 13 Desember saja, ada 318 orang yang terkonfirmasi positif. Sementara selama covid-19 merebak, telah ada 531 orang meninggal dunia di Sulsel. Yang sembuh mencapai 19.472 orang.
Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan Ichsan Mustari, tidak menampik terjadinya peningkatan yang cukup signifikan kasus covid-19 di Sulsel. Kenaikan itu dipicu oleh pergerakan orang banyak dan tidak mengindahkan protokol kesehatan dengan baik.
“Pergerakan ini tidak bisa kita hindari karena aktivitas harus berjalan. Itu sudah jadi kesepakatan kita, sehingga ada yang namanya aktivitas kebiasaan baru,” jelasnya.
Untuk protokol kesehatan sendiri, Ichsan menegaskan harus tetap berjalan. Ia mengingatkan, upaya menekan penularan covid-19 di Sulsel merupakan tanggung jawab seluruh pihak dan sifatnya individu.
“Protokol kesehatan ini harus diterapkan oleh semua orang, Siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Kita hanya bisa saling mengingatkan dan kembali ke individu itu sendiri apakah ingin menerapkan protokol kesehatan atau tidak,” ungkap Ichsan.
Jika protokol kesehatan ini tidak diindahkan, maka angka kasus positif covid-19 diperkirakannya akan terus mengalam peningkatan.
Sementara Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengaku pihaknya akan lebih memasifkan program trisula. Yaitu tracing, testing, dan edukating. “Jadi upaya kita sekarang ini perbanyak swab test dan
rapid test, supaya tingkat penularan bisa turun,” terang Nurdin.
Ia juga telah meminta kepada pemerintah kabupaten/kota untuk bersinergi dalam menekan laju penyebaran covid-19 di daerah masing-masing. (rhm-nug)

Laman: 1 2 3

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini