Connect with us

Event

Peduli Terhadap Dunia Pendidikan, PT Semen Tonasa Gelar Lomba Inovasi Bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi

-

PENGUMUMAN -- Suasana pengumuman lomba Desain Karya dan Ide Inovasi Mahasiswa 2020 dalam rangka HUT ke-52 PT Semen Tonasa yang dilakukan secara virtual melalui zoom.
MAKASSAR, BKM — Setelah melewati proses penjurian yang panjang dan penilaian presentasi, akhirnya lomba Desain Karya dan Ide Inovasi Mahasiswa 2020 yang diselenggarakan PT Semen Tonasa dalam rangka HUT ke-52 berakhir. Pengumuman para pemenang dilangsungkan secara virtual melalui aplikasi Zoom, Senin, 14 Desember 2020.
Lomba yang diikuti 85 tim dari 19 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia ini, menghasilkan 20 tim finalis yang terbagi ke dalam 5 kelompok lomba. Yaitu Lomba Desain Maskot dan Slogan, Lomba Ide Strategi Bisnis, Lomba Ide Teknologi dan Energi, Lomba Ide Sosial Kemasyarakatan, serta Lomba Desain Rumah Ramah Lingkungan.
Proses penjurian tahap pertama dilakukan secara blind vote oleh tim juri yang berasal dari karyawan PT Semen Tonasa, akademisi, serta para profesional dibidangnya. Semua hasil karya yang masuk dibuat anonim dan hanya diberi kode khusus. Kemudian juri melakukan penilaian atas hasil karya tersebut. Hal ini dilakukan untuk menjaga objektivitas penilaian. Selanjutnya, empat tim dengan nilai akumulatif tertinggi dari setiap kategori masuk ke babak final.
Di babak final, para finalis diminta mempresentasikan desain karya dan ide inovasinya di hadapan juri secara bergantian. Setelahnya, juri diberi waktu untuk melakukan tanya jawab dengan para finalis. Seluruh rangkaian kegiatan ini, mulai dari proses pendaftaran, submit karya, hingga presentasi dilakukan secara daring.
Untuk kategori Lomba Desain Maskot dan Slogan, sebagai juara pertama dan juara kedua adalah Novaldy Andrian serta Amanatullah yang berasal dari Politeknik Negeri Media Kreatif PSDD Makassar. Sedangkan juara tiga diraih Ahmad Amiruddin dari UMI dan juara harapan Nurfadliani Kadir dari Unhas.
Kemudian untuk kategori Lomba Ide Strategi Bisnis, juara pertama dimenangkan Gufran dari UIN Alauddin Makassar, juara dua Nirmala Dewi dan tim dari PNUP, juara tiga Nur Azizah Harun dan tim dari Universitas Telkom Bandung, serta juara harapan diraih Surya Rahmadaningsih dan tim dari UNM.
Selanjutnya, untuk kategori Lomba Ide Teknologi dan Energi sebagai juara pertama dipegang oleh perwakilan dari Unhas atas nama Dwi Wicaksana dan tim, juara dua Abdul Gani Mubdi dan tim dari Politeknik Industri Logam Morowali, juara tiga Abdul Rahman dan tim dari Unhas, serta sebagai juara harapan diraih Nirmala Dewi dan tim dari PNUP.
Untuk kategori Lomba Ide Sosial Kemasyarakatan, juara pertama dan kedua dimenangkan Arini Suciati Maulidah dan tim serta Afrizal Bayu Pratama dan tim yang keduanya berasal dari Universitas Internasional Semen Indonesia. Sedangkan juara ketiga diraih Taufik Hidayat dan tim dari UMI dan sebagai juara harapan diraih Ihlasul Amal dan tim dari Politeknik ATI Makassar.
Untuk kategori Lomba Desain Rumah Ramah Lingkungan, sebagai juara pertama dimenangkan Irwansyah, juara kedua A Muh Rijal dan tim, juara ketiga Astrina Masda dan tim. Ketiganya merupakan perwakilan dari Unhas. Sedangkan sebagai juara harapan diraih Miftahul Hair dari UMI.
Untuk Lomba Desain Maskot dan Slogan sebagai juara pertama berhak mendapatkan uang tunai Rp4 juta, juara dua sebesar Rp3 juta, juara tiga Rp2 juta, dan juara harapan Rp1 juta.
Sedangkan untuk Lomba Ide Inovasi juara pertama berhak atas uang tunai Rp5,5 juta, juara dua Rp4,5 juta, juara tiga Rp3,5 juta, dan juara harapan Rp2 juta.
Untuk kategori Lomba Desain Rumah Ramah Lingkungan, juara pertama berhak atas Rp6 juta, juara dua Rp5 juta, juara tiga Rp4 juta, dan juara harapan Rp3 juta. Seluruh peserta juga berhak atas sertifikat penghargaan dari PT Semen Tonasa.
Senior Manager PR & Secretariate PT Semen Tonasa, Said Chalik, mengatakan, kegiatan ini merupakan satu dari sekian banyak bentuk perhatian PT Semen Tonasa terhadap dunia pendidikan.
Acara ini juga sebagai bentuk kolaborasi dan sinergi positif dengan perguruan tinggi, dosen, profesional, serta seluruh stakeholder perusahaan.
Said Chalik mengatakan, sebagai perusahaan persemenan yang selalu menjunjung tinggi semangat inovasi, manajemen sangat mengapresiasi partisipasi dari seluruh peserta mahasiswa.
”Terima kasih juga kami ucapkan kepada para pihak yang mendukung kegiatan ini, mulai dari perguruan tinggi, dewan juri, dan pihak-pihak lainnya. Insya Allah kegiatan ini akan kami selenggarakan lagi di tahun-tahun mendatang dengan konsep lebih baik,” ucap Said.
Sementara itu, Dr Muh Akbar, MSi sebagai perwakilan juri, menyatakan, sangat mendukung dan memberikan apresiasi positif kepada PT Semen Tonasa. Ia juga mengharapkan agar ke depannya, sinergi antara PT Semen Tonasa dan dunia pendidikan bisa lebih ditingkatkan lagi. (amir)

Share

Komentar Anda

Populer Minggu ini