Connect with us

Politik

Golkar Sulsel Kembali Gelar Konsolidasi

Penggantian Ketua Komisi D Tersandung Tatib Dewan

-

MAKASSAR, BKM–Partai Golkar Sulsel yang dipimpin Dr Taufan Pawe kembali melakukan rapat konsolidasi guna memperkuat struktur dan kerja-kerja kader disemuah daerah.
Berbagai hal dibahas dalam konsoldiasi tersebut mulai penguatan kader diparlemen hingga penunjukan palaksana tugas (plt) ketua DPD II disejumlah daerah.
“Insya Allah kita akan melaksanakan konsolidasi Fraksi Partai Golkar se Sulawesi selatan, via zoom dirangkaikan dengan penyerahan SK plt ketua untuk beberapa daerah ,”ujar fungsionaris Golkar Sulsel Zulham Arif, Selasa (5/1) petang.
Untuk proses pergeseran atau rotasi anggota dewan dalam alat kelengkapan dewan (AKD) tidak serta merta dapat dilakukan jika hanya berdasar pada surat atau perintah pimpinan partai politik.
Ada mekanisme yang diatur dalam tata tertib dewan terkait rotasi atau pergeseran para wakil rakyat dalam AKD.
Wakil ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Ni’matul Erbe mengemukakan untuk rotasi berbeda dengan anggota dewan yang akan masuk melalui proses pergantian antara waktu (PAW) karena terkait rotasi dalam tata tertib dewan itu minimal bisa dilakukan jika sudah setengah periode atau 2 setengah tahun.
Untuk itu niat golkar Sulsel yang ingin agar Rahman Pina menjadi ketua komisi D DPRD Sulsel maka harus ada hasil rapat pleno DPD 1 Golkar Sulsel yang dituangkan secara tertulis untuk diberikan kepada Fraksi Partai Golkar DPRD Sulsel sebagai perpanjangan partai diparlemen. “Dasar itulah maka fraksi dapat mengajukan surat usulan rotasi itu ke pimpinan dewan guna mendapatkan persetujuan. Jika tanpa hal tersebut maka keinginan untuk melakukan rotasi itu tersandung pada tatib dewan,”jelas Nimatullah yang juga ketua DPD Demokrat Sulsel ini. (rif)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini