Metro

AP Petta Rani Mulai Ditata


Belum Ada Kejelasan Peresmian Tol Layang

BKM/CHAIRIL MENUNGGU--Presiden RI, Joko Widodo tak kunjung meresmikan penggunaan Tol Layang AP Petta Rani. Pihak kontraktor dan Pemprov Sulsel masih menunggu kehadiran Jokowi ke Makassar. Pelambatan peresmian tersebut menyebabkan belum difungsikannya tol layang, padahal proyeknya sudah rampung.

MAKASSAR, BKM–Tol Layang AP Petta Rani secara umum sudah rampung secara keseluruhan. Tinggal pemasangan sejumlah utilitas dan pekerjaan finishing yang masih dilakukan.

Sementara itu, Jalan AP Petta Rani yang selama kurang lebih dua tahun mengalami kerusakan akibat adanya aktifitas pembangunan tol layang juga mulai dibenahi.
Hampir sebagian besar jalan yang rusak sudah dibenahi dan diaspal. Beberapa titik yang ditutup sehingga kerap menimbulkan kemacetan juga sudah beroperasi kembali.
Tidak hanya itu. Penataan dan pembuatan taman yang nantinya akan menjadi ruang terbuka hijau (RTH) juga mulai dilakukan.
Project Manager Proyek Tol Layang Jalan AP Petta Rani, Didi Rustadi mengatakan, pihaknya kembali berinisiatif untuk menghadirkan pemandangan hijau.
Nantinya taman mini sepanjang 3 meter ini akan ada di beberapa titik. Terutama di area sekitar u-turn. Bunga yang ditanam pun hanya yang berupa akar serabut serta bunga kertas. Yang mudah dipelihara.
“Lokasinya mungkin ada di tiga atau empat titik. Kita tempatkan di dekat u-turn. Supaya ada pemandangan berbeda dan indah di sepanjang ruas jalan nasional,” bebernya.
Pihaknya juga sementara berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar untuk penempatan taman. Tak hanya di median jalan, termasuk beberapa titik penghijauan di sepanjang aras trotoar Jalan AP Pettarani.
Terpisah Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sulsel, Mario Said menambahkan, pihaknya sudah rapat dengan PT Wika Beton untuk penempatan beberapa tanaman hijau di sepanjang Jalan AP Petta Rani. Termasuk menyiapkan taman di median jalan.
Kata dia, untuk median jalan tidak semua yang bisa ditanami. Hanya di benerapa pulau jalan yang ada di area u-turn. Sementara yang terlanjut telah dipasang paping blok tak bisa lagi ditanami untuk ruang taman baru.
Sementara itu, kendati sudah siap difungsikan, hingga saat ini, belum ada kejelasan kapan tol layang AP Pettarani akan diresmikan.
Direktur Utama PT Bosowa Marga Nusantara, Anwar Toha mengemukakan, soal peresmian jalan tol layang pertama di Indonesia Timur tersebut, pihaknya masih menunggu jadwal dan kesiapan Presiden RI Joko Widodo.
Namun sejauh ini, belum mendapat informasi kapan orang nomor satu tersebut bisa meresmikan proyek strategis tersebut.
Seperti diketahui, peresmian tol layang tersebut mengalami penundaan beberapa kali. Jadwal terakhir yang disampaikan adalah 19 November lalu. Namun, ternyata tetap mengalami penundaan.
“Kita terus melakukan update minggu per minggu,” kata Anwar Toha.
Dia masih berharap proyek tersebut bisa diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, bersamaan dengan peresmian sejumlah proyek strategis lainnya di Sulsel.
Sebenarnya, kata dia, proyek tersebut bisa saja diresmikan Menteri PUPR bersama Gubernur Sulsel, namun akan beda gaungnya jika presiden langsung yang akan meresmikannya. (rhm)

Komentar Anda





Comments
To Top
.