Metro

Kapus Meteorologi Publik BMKG Raih Doktor di UNM


MAKASSAR, BKM — Kepala Pusat (Kapus) Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) A Fachri Radjab meraih gelar doktor di Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (PPs UNM). Ia mempertahankan disertasinya berjudul Kemitraan dalam Pengelolaan Jejaring Pengamatan Cuaca dan Iklim di Indonesia.

Sidang ujian promosi doktor di PPs UNM berlangsung secara virtual, Kamis (14/1). Dipimpin Direktur PPs Prof Dr Hamsu Abdul Gani,MPd dengan anggota Prof Dr Haedar Akib,MSi, Prof Dr Jasruddin,MSi, Prof Dr Rifdan,MSi, Prof Dr Gufran D Dirawan,MEMD, Dr Muh Said Saggaf,MSi, Dr Risma Niswaty,MSi dan Dr Suko Prayitno Adi,MSi.

Hasil penelitian menunjukkan model kemitraan dalam pengamatan cuaca yang dibangun BMKG dengan pemerintah, mitra swasta, dan masyarakat dalam bentuk kemitraan pengoperasiaan dan investasi bersama. Ada dua faktor determinan, yaitu indikator pembinaan dan insentif. Indikator yang paling berpengaruh adalah pembinaan.

Prototipe model kemitraan pemerintah dan masyarakat adalah model kemitraan pemberdayaan, pemerintah dan swasta adalah model kemitraan investasi bersama, sementara swasta dan masyarakat adalah model kemitraan partisipatif.

Fahri Radjab juga menemukan prototipe model kemitraan layanan data sebagai bentuk kemitraan multipihak, yaitu adanya kesamaan output yang dihasilkan dan dimanfaatkan bersama.

Setelah menjawab semua sanggahan, bantahan, dan klarifikasi dewan penguji, A Fachri Radjab dinyatakan lulus dengan IPK 3,92 atau predikat kelulusan dengan pujian (cumlaude). Dia tercatas sebagai alumni ke-893 PPs dan ke-332 Prodi Ilmu Administrasi Publik.

Ketua Prodi S3 IAP Prof Dr Rifdan,MSi menilai riset disertasi ini sangat menarik karena menemukan model kemitraan jejaring pengamatan cuaca di Indonesia. “Hal ini penting untuk melibatkan semua pihak dalam pengamatan cuaca dan iklim sehingga hasilnya bisa bermanfaat bagi informasi kepada publik,” kata Guru Besar FIS UNM ini. (rls)

Komentar Anda





Comments
To Top
.