Headline

Bupati Pangkep dan Legislator Sulsel Positif Covid-19


MAKASSAR, BKM — Penularan covid-19 di Sulawesi Selatan kian mengkhawatirkan. Bupati Pangkep Syamsuddin A Hamid, serta anggota DPRD Sulsel dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ismail Bachtiar terkonfirmasi positif.
Syamsuddin Hamid yang merupakan bupati Pangkep dua periode mengakui dirinya terpapar virus corona. Ia menyampaikan hal itu pada Selasa malam (12/1) setelah mendapatkan hasil swab yang dilakukannya. Saat ini ia menjalani isolasi mandiri.
”Sekarang saya menjalani isolasi mandiri. Mohon doata semua, karena saya terkonfirmasi positif covid-19,” ujar Syamsuddin.
Sebelumnya, Wakil Bupati Pangkep Syahban Sammana juga terinfeksi dan saat ini sudah dinyatakn sembuh. Termasuk Direktur Rumah Sakit Batara Siang (RSBS) bersama sejumlah tenaga kesehatan di rumah sakit ini juga terpapar.
Syamsuddin yang tidak lama lagi akan menyerahkan jabatannya sebagai bupati Pangkep yang baru, meminta kepada semua pihak untuk melakukan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Pengetatan protokol kesehatan penting dilakukan demi menghindari penyebaran virus secara luas, khususnya di titik-titik keramaian.
“Harapan kami sebagai bupati, agar seluruh pihak bisa mematuhi protokol kesehatan. Mari kita bersama-sama menjaga diri, keluarga dan masyarakat dengan memakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dan jaga imun tubuh dan tidak berkerumun. Semua langkah itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus,” tandasnya.
Juru bicara Tim Satgas Penanganan Covid-19 Pangkep dr Annas Ahmad, menyebut bahwa data per 12 Januari 2021, jumlah konfirmasi aktif kasus positif sebanyak 427. Dari jumlah itu, sebanyak 19 dirawat di RSUD Batara Siang, dan 408 melakukan isolasi mandiri.
“Total terkonfirmasi positif hingga saat ini mencapai 717 kasus, 21 meninggal dan 269 dinyatakan sembuh atau discarded. Sementara untuk kasus suspek sebanyak 101 kasus masih follow up. Dan total suspek sebanyak 438, tujuh meninggal dan yang dinyatakan sembuh 344 orang,” tandas dokter Annas.

Ismail Bachtiar Terpapar Corona

Anggota Fraksi PKS DPRS Sulsel Ismail Bachtiar menyampaikan dirinya telah terpapar virus corona atau covid 19. Kini, wakil rakyat yang lolos dari daerah pemilihan (dapil) Sulsel VII Kabupaten Bone ini tidak mengikuti sejumlah agenda dewan lantaran tengah menjalani perawatan. “Saya masih menjalani perawatan, karena positif corona,” ujar Ismail Bachtiar, Kamis (14/1).
Dia pun mengajak semua pihak yang pernah melakukan kontak dengan dirinya agar dapat melakukan rapid atau swab. “Barangkali ada yang pernah kontak, stay saveki kakak-kakak,” pinta Ismail Bachtiar.
Dalam sepekan terakhir, sejumlah agenda penting di gedung DPRD Sulsel agak sepi lantaran kegiatan dibatasi. Tak hanya itu, para staf yang bernaung di sekretariat dewan (sekwan) DPRD Sulsel juga tidak setiap hari dapat masuk kantor. Pihak sekwan memberi kesempatan kepada sejumlah ASN agar dapat menjalankan tugas dan kewajibannya di rumah saja alias work from home (WFH).
Dua kali rapat paripurna istimewa DPRD Sulsel dengan agenda pelantikan antar waktu (PAW) anggota dewan yang baru, juga sepi dari hadirin lantaran undangan dibatasi, yakni dari pihak keluarga dan pengurus partai. Paripurna dengan agenda PAW bahkan dilakukan secara virtual. “Kita batasi yang hadir, sebab kita lakukan juga secara virtual,” ujar Sekwan Sulsel M Jabir.
Wakil Ketua DPRD Sulsel Ni’matullah Erbe berharap agar semua pihak yang ada di sekretariat DPRD Sulsel dapat menerapkan 3M yakni memakai masker, menggunakan hand sanitizer dan mencuci tangan dengan air mengalir. (udi-rif)

Komentar Anda





Comments
To Top
.