Metro

Prodi Komunikasi FISIP Unismuh Dekatkan Mahasiswa ke Dunia Kerja


MAKASSAR, BKM — Upaya mendekatkan mahasiswa dengan dunia kerja terus dilakukan pengelola  Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. Mereka  yang kini duduk di bangku kuliah semester V dan VII dimagangkan lewat kuliah kerja praktik jurnalistik di media cetak dan online di Harian Berita Kota Makassar.

Para mahasiswa ini ikut program magang Belajar Merdeka Kampus Merdeka (MBKM) selama tiga  bulan, terhitung Oktober 2000 dan ditarik masuk kampus Januari 2021. Sedangkan kuliah magang  internship, dilaksanakan mulai 15 Januari 2021 sampai hingga akhir Februari 2021.

Penarikan mahasiswa program MBKM secara resmi masuk kampus dilakukan, Jumat (15/1) di Ruang  Redaksi Harian Berita Kota Makassar Gedung Graha Pena Lantai III.  Hadir pada acara penarikan dan  pemagangan mahasiswa ini, Ketua Tim MBKM Dr Muhammad Yahya Mustafa, MSi, anggota Tim  MBKM Warda,SSos, MA, serta staf Humas Unismuh Makassar Ir Nasrullah Rahim.

Pimpinan Redaksi Berita Kota Makassar Andi Rustan pada kesempatan itu mengucapkan terima  kasih, karena kehadiran mahasiswa magang ini membawa suasana baru di kerja redaksi. Apalagi mereka langsung diturunkan ke lapangan. Empat mahasiswa yang selesai magang MBKM yakni, Al Hidayah, Zizan , Yusril Sudirman dan Sri Ratu Ningsih. Sementara untuk mahasiswa yang  dimagangkan pada mata kuliah internship, yakni Hendra, Nurfadillah, Poppy Dayana, Dinda Novia, dan Fahrizal.

Andi Rustan mendukung kebijakan Prodi Ilmu Komunikasi Unismuh mendekatkan mahasiswa pada  industri media. Karena dengan cara seperti ini, akan memberi pengetahuan dan keterampilan jurnalistik serta pengetahuan manajemen dan bisnis media massa. Peserta magang yang ditarik masuk  kampus tetap diberi ruang dan kesempatan untuk berkontribusi terkait pemberitaan, khususnya kegiatan di kampus.

Ketua Tim MBKM Dr Muhammad Yahya Mustafa pada kesempatan itu mengatakan, kebijakan prodi  Ilmu Komunikasi ke depan akan lebih banyak mendekatkan mahasiswa dengan industri komunikasi dan media massa ”Praktik magang pada industri komunikasi salah satu strategi membuka wawasan  dan pemikiran mahasiswa komunikasi peluang dan prospek kerja setelah merampungkan studi di kampus,” ujarnya.

Seorang mahasiswa peserta program magang KBMB Yusril Sudirman, memberi testimoni terkait apa yang diperolehnya selama praktik di BKM. ”Selama praktik magang di Berita Kota, telah mengajarkan saya bahwa tidak ada kemenangan tanpe perjuangan.Penerapan komunikasi persuasif sangat penting dalam melaksanakan tugas-tugas jurnalistik dan harus disiapkan ditugaskan di mana saja,” ujarnya.

Sementara Nurfadillah yang mengikuti program magang internship, berharap semoga Berita Kota Makassar bisa membantu membuka wawasan menjadi seorang jurnalis yang baik. ”Karena harapan saya ke depan bisa menjadi seorang jurnalis,” katanya. (pkl)

Komentar Anda





Comments
To Top
.