Headline

Satu Ton Bakso Sapi dan Ayam Palekko dari Unhas


Bantuan Mengalir untuk Korban Gempa Bumi Sulbar

IST BANTUAN-Fakultas Peternakan Unhas bekerja sama PT Charoen Pokphan menyalurkan donasi berupa satu ton bakso dan olahan ayam palekko siap konsumsi untuk warga terdampak bencana gempa di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat.

MAKASSAR, BKM — Gempa yang mengguncang wilayah Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat telah mengundang banyak simpati. Bantuan pun mengalir untuk membantu meringankan para korban yang terdampak.
Universitas Hasanuddin melalui Fakultas Peternakan bekerja sama dengan PT Charoen Pokphan menyalurkan donasi berupa satu ton bakso dan olahan ayam palekko siap konsumsi kepada warga terdampak bencana di kabupaten tersebut. Pelepasan bantuan berlangsung, Minggu (17/1) pukul 14.00 Wita di lokasi pengolahan bakso kawasan Teaching Farm Unhas, kampus Tamalanrea. Kegiatan ini terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.
Ketua Panitia Dr Ir Hikmah menjelaskan, donasi ini dipersiapkan dalam waktu dua hari. Bekerja sama dengan PT Charoen Pokphan, pihaknya mengolah 400 kg ayam menjadi siap konsumsi berupa menu palekko sebanyak 1.500 paket. Dari pihak Fakultas Peternakan sendiri mendonasikan 630 kg daging sapi yang diolah menjadi bakso siap konsumsi sebanyak 2.500 paket.
“Jadi total daging ayam dan sapi yang kita siapkan sebanyak 1 ton. Diberangkatkan sore nanti (kemarin) ke lokasi bencana. Kami berharap, 3.500 paket bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat yang saat ini sedang membutuhkan bantuan,” jelas Hikmah.
General Manager HC PT Charoen Pokphand Indonesia Baso Alim Bahri, menyampaikan apresiasi kepada Unhas, khususnya Fakultas Peternakan atas inisiatif yang responsif. Pihaknya juga berterima kasih telah diajak dalam kolaborasi kemanusiaan untuk meringankan beban masyarakat di lokasi bencana.
“Semoga Pokphan tetap bisa mendukung dan terlibat secara aktif bersama Unhas memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan. Pokphan sendiri telah menyalurkan bantuan logistik lainnya kepada warga di sana. Kita berharap, kerja sama ini membawa kebaikan bagi semua orang,” jelas Alim.
Dekan Fakultas Peternakan Unhas Prof Dr Ir. Lellah Rahim, menyampaikan bahwa sivitas akademik dan Dharma Wanita Fakultas Peternakan juga terlibat dalam donasi. Respons bencana dan situasi darurat telah menjadi langkah yang selalu diambil Fakultas Peternakan, yang merupakan bentuk implementasi humaniversity.
Prof Lellah menjelaskan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat guna membantu proses pendistribusian dan membantu mengawal pengiriman bantuan agar dapat sampai di lokasi bencana. Hal ini untuk memastikan bantuan tersalurkan secara merata kepada pihak yang benar-benar membutuhkan.
“Ini adalah bantuan tahap pertama. Kami akan melanjutkan proses donasi dari berbagai pihak, dan mempersiapkan penyaluran berikutnya. Bantuan bakso dan ayam ini relatif bermanfaat, karena dapat langsung dikonsumsi, dan dapat bertahan selama beberapa hari, serta memiliki kandungan gizi yang tinggi,” kata Prof Lellah.
Pelepasan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan Unhas Prof dr Nasrum Massi. Dalam sambutannya, ia menjelaskan bahwa Unhas sudah banyak bergerak menyalurkan bantuan, seperti tenaga medis dan tim tanggap darurat. Fakultas-fakultas di Unhas secara proaktif mengambil inisiatif.
“Ini merupakan bentuk kepedulian Unhas dan tanggung jawab Tri Darma Perguruan Tinggi. Kami sangat mendukung dan terus mengawal setiap donasi yang akan disalurkan. Semoga ini menjadi amal ibadah kita semua,” tandas Prof Nasrum.

Bantuan Persit dan Bhayangkari

Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV/Hasanuddin memberangkatkan bantuan sosial untuk warga Majene dan Mamuju, Sulbar yang menjadi korban bencana gempa bumi.

Bantuan sebanyak 43 koli didistribusikan melalui pesawat Hercules milik Lanud Sultan Hasanuddin, Minggu (17/01).
Setibanya di Sulbar, bantuan tersebut selanjutnya akan diserahkan ke posko yang berada di Kabupaten Mamuju, dengan harapan dapat tersalurkan dengan cepat, sehingga dapat meringankan beban warga yang terdampak.

Bantuan yang berangkatkan ini merupakan bentuk kepedulian Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV/Hasanuddin kepada warga Sulbar, guna meringankan beban mereka yang menjadi korban bencana alam.
Ketua Bhayangkari Daerah Sulsel Ny Shanty Merdisyam juga menyalurkan bantuan bagii korban gempa di Sulbar, Minggu (17/1). Bersama rombongan, istri Kapolda Irjen Merdisyam itu bertolak ke Sulbar lewat jalur darat. Ia didampingi beberapa pengurus Bhayangkari daerah Sulsel yang juga merupakan istri dari pejabat utama Polda Sulsel.
Setibanya di Majene, mereka langsung meninjau tenda yang digunakan sementara oleh warga terdampak gempa. Bantuan berupa makanan siap saji, sembako, obat-obatan, perlengkapan bayi, alat masak, dan baterai beserta senter diangkut dengan menggunakan dua unit truk Dalmas dan tiga mobil dobel kabin milik Polda. Camat Banggae DR Hj Atika menerima langsung bantuan yang diberikan. Penyerahannya berlangsung di halaman Mapolsek Banggae. (rhm)

Komentar Anda





Comments
To Top
.