Headline

102 Pengungsi Korban Gempa Dipulangkan ke Jateng dan Jatim


MAKASSAR, BKM — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah memulangkan 102 orang warga Jawa Timur dan Jawa Tengah melalui Lanud Hasanuddin, Kamis (21/1). Mereka adalah pengungsi yang terdampak bencana gempa di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat. Pemulangan ke kampung halaman masing-masing diharapkan bisa menghilangkan trauma akibat kejadian yang dialaminya.
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulsel Gemala Faoza mengatakan, para korban gempa ini dipulangkan agar sampai ke rumah masing-masing. Ada 54 orang warga Jateng, dan 48 orang dari Jatim.
Sebelumnya, Dinsos Sulsel telah berkoordinasi dengan Dinsos Jatim dan Jateng, serta kabupaten masing-masing di dua provinsi tersebut. “Sudah kami koordinasikan dengan Dinas Sosial Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Rencananya di daerah tujuan nantinya rombongan pengungsi akan dijemput oleh gubernur masing-masing,” ujar Gemala.
Sehari sebelumnya, Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah menegaskan, Pemprov Sulsel menanggung semua biaya kepulangan warga Jatim dan Jateng yang terkena dampak gempa bumi di Sulbar melalui jalur udara. Proses pemulangan dilakukan, karena tidak tertutup kemungkinan masih akan ada lagi pengungsi asal Sulbar yang akan masuk Makassar, sehingga gedung yang mereka tempati bisa digunakan lagi bagi pengungsi lainnya.
Nurdin memastikan seluruh pengungsi ini pulang ke kampung halaman dalam keadaan sehat. Sebelum dijemput oleh pihak keluarga masing-masing, mereka terlebih dahulu menjalani swab.
“Sebelum ada yang mau jemput dari keluarga, mereka syaratnya memang harus diswab supaya kita pastikan bahwa mereka dikembalikan ke kampung halamannya dalam kondisi sehat,” ungkap Nurdin. (nug-pkl)

Komentar Anda





Comments
To Top
.