Headline

Pemprov Siapkan Bantuan Rp150 M Hadapi Cuaca Ektrem


MAKASSAR, BKM — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan anggaran bantuan tak terduga (BTT) sebesar Rp150 miliar untuk menghadapi cuaca ekstrim yang melanda Sulsel akhir-akhir ini.

Gubernur Nurdin Abdullah menyebutkan anggaran tersebut cukup besar dan dialokasikan bagi 24 kabupaten/kota.

“BTT kita cukup besar. Ada Rp150 miliar untuk mengantisipasi kalau terjadi apa-apa. Kita 24 kabupaten kota kan,” ungkap Nurdin, kemarin.

Ia mengatakan, cuaca ekstrem yang terjadi di Sulsel saat ini tidak perlu ada yang saling menyalahkan. Tapi harus saling menjaga.

“Saya kira kita tidak perlu saling menyalahkan. Sebaliknya, kita harus saling menjaga karena ini memang cuaca yang sangat ekstrem. Hujan terus menerus sepanjang hari. Apalagi drainase kita punya kapasitas terbatas,” ungkap Nurdin.

Melihat hal tersebut, Nurdin mengimbau kepada masyarakat Sulsel agar mengantisipasi hal-hal yang kemungkinan terjadi akibat dari cuaca ekstrem tersebut.

“Tentu kita berharap semua mengantisipasi hal yang bisa terjadi dan kita juga sudah menyiapkan segala sesuatunya,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel Ni’mal Laha’mang mengatakan dirinya telah berkoordinasi seluruh pihak terkait. Mulai dari BPBD kabupaten, BMKG dan Basarnas untuk bersiap menghadapi cuaca ekstrem.

Koordinasi tersebut dilakukansejak awal tahun 2021.

“Kita sudah lakukan sejak awal tahun 2021. Koordinasi ini kita lakukan lebih awal agar BPBD kabupaten juga lebih bersiap menghadapi cuaca ekstrem ini,” ucap Ni’mal. (nug)

Komentar Anda





Comments
To Top
.