Headline

Layanan Kesehatan Dilakukan di Tenda Pengungsi Korban Gempa


MAMUJU, BKM — Sekretaris Provinsi Sulawesi Barat Muhammad Idris DP, memastikan pemerintah akan menyediakan layanan kesehatan kepada korban gempa bumi yang mengungsi di tenda-tenda dalam wilayah Kabupaten Mamuju dan Majene. Menurut Idris, pemerintah telah menambah satu klaster untuk penanganan pengungsi korban gempa 14-15 Januari 2021 lalu, yakni klaster kesehatan.
“Peralatan kesehatan yang ada di Sulawesi Barat saat ini boleh dikata adalah sesuatu yang baru, dan dapat menjadi model dalam klaster kesehatan penangan bencana di Indoensia,” kata Idris ketika memimpin rapat evaluasi penanganan gempa Sulbar, Minggu (24/1).
Sebelumnya, pemerintah telah membagi klaster penanganan gempa Sulbar, yakni pengungsian dan klaster sarana-prasarana yang ditangani oleh Dinas PUPR. “Ini (klaster kesehatan) menjadi pokok pembahasan utama, mengingat satgas memiliki target untuk segera melakukan pemulihan berdasarkan waktu tanggap darurat yang telah ditetapkan,” ujar Idris.
Menurut Idris, dari sisi penanganan kesehatan pascagempa, dukungan dari berbagai pihak sangatlah besar. Mulai dari rumah sakit terapung TNI , hingga rumah sakit lapangan di Korem yang beroperasi mulai 25 Januari.
Sejauh ini, lanjut Idris, Pemprov Sulbar melalui Dinas Kesehatan telah memberlakukan sistem rujukan pelayanan kesehatan, dan mempersiapkan RSUD Sulbar yang melakukan pelayanan di tenda-tenda pengungsian, mengingat kekhawatiran berada di dalam gedung utama RSUD Sulbar.
Mantan Deputi LAN RI ini menambahkan bahwa untuk di Kabupaten Mamuju dan Majene, pemerintah juga telah mempersiapkan pelayanan di sembilan Puskemas dengan memasang tenda pelayanan kesehatan. Dengan begitu tidak ada lagi ketakutan dari pasien maupun petugas medis.
Idris mengakui bahwa representasi dan cara kerja Pemprov Sulbar dalam menangani bencana perlu diapresiasi. Dari beberapa pejabat kementerian yang hadir, bahkan langsung oleh presiden, maka ini tidak sekadar perhatian, tapi juga semangat untuk segera pulih dan bangkit. (*/rus)

Komentar Anda





Comments
To Top
.