Headline

Tes Urine Polisi Mendadak dan Waktunya Dirahasiakan


MAKASSAR, BKM — Sebanyak 130 personel kepolisian menjalani tes urine secara mendadak dan tertutup di Mapolda Sulsel, Senin (22/2). Hasilnya, seluruhnya dinyatakan negatif narkoba.
Tes urine tersebut ini dilakukan menyusul adanya perintah Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo melalui surat telegram resmi nomor : ST/331/II/HUK.7.1/2021 tanggal 19 Februari 2021. Isianya memerintahkan kepada seluruh jajaran anggota polri untuk melaksanakan tes urine secara berkala guna mencegah penyalahgunaan narkoba di lingkungan polri.
“Tadi pagi kita telah melaksanakan tes urine terhadap seluruh personel dan jajaran kepolisian secara mendadak, dengan disaksikan langsung oleh Kabid Propam Polda Sulsel,” ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol E Zulpan, Senin (22/2).
E Zulpan menyebutkan, sebanyak 130 orang personel di Polda Sulsel telah diperiksa urinenya. ”Dari keseluruhan yang dites urinenya, semuanya negatif narkoba,” kata Zulpan.
Dia mengingatkan, tes urine yang dilaksanakan tidak akan berhenti sampai di sini saja. Melainkan akan terus berlanjut, namun pelaksanaannya dirahasiakan. Sedangkan untuk jajaran polres dan polsek, pelaksaan tes urine dilaksanakan oleh kapolres di masing-masing wilayah.
“Pelakasaan tes urinenya itu akan dirahasiakan dan pelaksanaannya akan dilakukan secara mendadak. Kapolres langsung yang nanti akan melakukan tes urine terhadap jajarannya. Termasuk yang di polsek-polsek,” tandasnya.
Karena ini perintah kapolri, menurut Kabid Humas, maka setiap personel polri wajib melakukan tes urine. Agar tidak ada lagi personil kepolisian yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.
Di Mapolrestabes Makassar, tes urine juga dilakukan kemarin. Sebanyak 103 personel Satuan Reserse Narkoba diambil sampel urinenya. Kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan ini berlangsung di Aula Mappaoddang.
Wakasatres Narkoba Polrestabes Makassar Kompol Indra Waspada mengemukakan, mereka yang mengikuti tes urine diimbau untuk memakai masker dan mengenakan seragam hitam putih. Bagi yang tidak mengenakan masker, diperintahkan untuk mengambil dan setelah itu baru diperbolehkan masuk ke dalam aula. (mat-jul)

Komentar Anda





Comments
To Top
.