Connect with us

Metro

UPT PMPP Disnak dan Keswan Kolaborasi AINI Sulsel dan Fapet Unhas Gelar Pelatihan Pakan

-

Narasumber memberi pengarahan kepada peserta Pelatihan Pengujian Sifat Fisik Bahan Pakan, Rabu (3/2/2020). 

MAKASSAR, BKM — Unit Pelaksana Teknis Pengujian Mutu Produk Peternakan (UPT MPP) Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi (Disnak dan Keswan) Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Laboratorium Teknologi dan Industri Pakan Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin dan Pengurus Wilayah Asosiasi Ahli Nutrisi dan Pakan Indonesia (AINI) Sulawesi Selatan menggelar Pelatihan Pengujian Sifat Fisik Bahan Pakan, Rabu (3/2/2020).

Peserta pelatihan sebanyak 30 orang terdiri Pengawas Mutu Pakan (wastukan) dan staf Laboratorium Pakan PMPP. Adapun narasumber pelatihan yaitu Prof Dr Ir Jasmal A. Syamsu M.Si IPU ASEAN Eng (Dosen Fakultas Peternakan dan Ketua AINI Sulsel)

Kepala UPT PMPP, Ir. H. Anwar Madani, M.Si, IPM mengatakan, pelatihan ini bisa berkelanjutan untuk dilaksanakan tiap daerah untuk melatih pengawas mutu pakan dan peternak dalam bentuk bimbingan teknis.

“Selama ini pemalsuan dedak menjadi keluhan masyarakat, sehingga perlu upaya medeteksi dan identifikasi kualitas pakan yang praktis, pelatihan ini sangat bermanfaat,” ujar Anwar.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Dr. Ir. Abdul Muas, M.Si. IPU ASEAN Eng menyampaikan kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas pengawas mutu pakan dalam pengendalian dan pengawasan mutu pakan yang terdistribusi di masyarakat.

“Pengalaman membuktikan bahwa masyarakat kadang menjadi korban dari kualitas bahan baku pakannya terutama pada kualitas jagung dan dedak padi. Kita harus hadir dalam masyarakat dalam mendukung pengawasan kualitas pakannya,” ujar Abdul Muas.

Sementara itu, Ketua AINI Sulsel yang juga pemateri Prof Dr Jasmal A Syamsu mengatakan karakteristik fisik bisa mendeteksi kualitas bahan pakan lebih awal sebelum pengujian lebih lanjut secara kimiawi  atau analisa proksimat. (rls)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini