Connect with us

Headline

Gemakan Asmaul Husna Seusai Apel Pagi

Tradisi Baru Personel Polres Gowa

-

IST ASMAUL HUSNA-Personel Polres Gowa yang dipandu Bripka Sulham menggemakan Asmaul Husna pada apel pagi yang dilaksanakan, Rabu pagi (3/3).

PANDEMI covid-19 telah banyak menghadirkan tradisi baru di tengah masyarakat. Tak terkecuali di Kabupaten Gowa. Bukan hanya pembiasaan terkait protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta rajin mencuci tangan setiap hari. Tapi ada hal baru, terutama di jajaran kepolisian.

RABU (3/3) berlangsung apel di halaman Mapolres Gowa. Para personel mengikuti kegiatan rutin ini dengan penuh disiplin. Kapolres AKBP Budi Susanto memimpin jalannya upacara. Semua berlangsung seperti apel biasa. Termasuk pengarahan kepada para peserta apel dari kapolres.
Sesuatu yang berbeda hadir di akhir upacara. Seorang personel kepolisian bernama Bripka Sulham tampil memimpin doa. Ketika itu pula Asmaul Husna dikumandangkannya. Diikuti para peserta apel yang beragama Islam. Termasuk unsur pimpinan di jajaran Polres Gowa.
Bripka Sulham yang bertugas di bagian Sitipol Polres Gowa memang dikenal agamis. Tidak salah jika dirinya ditunjuk mengomandoi pembacaan Asmaul Husna.
Kata dia, umat Islam patut mengetahui Asmaul Husna. Di dalamnya ada 99 nama Allah Swt yang baik dan indah. Menurutnya, sejak dulu para ulama telah banyak membahas dan menafsirkan nama-nama tersebut. Sebut saja di antaranya Ar Rahman (Yang Maha Pengasih), Ar Rahim (Yang Maha Penyayang), Al Malik (Yang Maha Merajai), Al Quddus (Yang Maha Suci), As Salaam (Yang Maha Memberi Kesejahteraan), Al Mu’min (Yang Maha Keamanan),

Al Muhaimin ( Yang Maha Mengatur), Al Azis (Yang Maha Perkasa), Al Jabbar (Yang Memiliki Mutlak Kegagahan), Al Mutakabbir (Yang Maha Megah).

Kapolres Gowa AKBP Budi Susanto berharap kepada seluruh jajarannya untuk rutin mengumandangkan Asmaul Husna pada pelaksanaan apel pagi. ”Dengan tradisi membaca Asmaul Husna di tiap apel bagi, seluruh personel Polres Gowa tetap diberikan kemampuan dan keselamatan dalam pelaksanaan tugas di tengah masa pandemi covid-19,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan semacam ini sebagai langkah untuk membina mental dan spiritual para personel guna lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta. Sekaligus sebagai wujud permohonan doa kepada Allah Swt untuk memberikan keselamatan bagi seluruh personel.

“Ini sesuatu yang baik, dan sesuatu yang baik itu  bagus untuk diterapkan dan menjadi rutinitas,” paparnya.

Bripka Sulhan mengatakan, sebenarnya apa yang dilakukan jajaran Polres Gowa ini bukan hal luar biasa. Melainkan kegiatan biasa yang mesti diwajibkan setiap kali mengawali tugas. 

“Apa yang kita lakukan dengan membaca Asmaul Husnah merupakan hal yang diwajibkan kepada semua umat muslim dalam memulai bekerja setiap hari,” terangnya. (sar)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini