Connect with us

Event

308 Peserta Hadiri Webinar Peringatan Bulan K3 BPJAMSOSTEK Sulawesi Maluku

-

Arief Budiarto

MAKASSAR, BKM — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Wilayah Sulawesi Maluku menggelar web seminar (webinar) bertajuk ‘Pekerja Sehat, Kuat, Unggul dan Berbudaya K3 Semua Sektor Usaha dalam Masa Pandemi Covid-19’.
Webinar yang digelar dalam rangka memperingati bulan K3 (keselamatan dan kesehatan kerja) Nasional tahun 2021 ini, diikuti 308 peserta yang berasal dari perusahaan, Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK), dan masyarakat umum yang berada di wilayah Sulawesi Maluku, Kamis, 18 Maret 2021.
Kegiatan ini dihadiri Deputi Direktur Wilayah BPJAMSOSTEK Sulawesi Maluku, Arief Budiarto, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Darmawan Bintang, dan Asisten Deputi Wilayah Bidang Pelayanan BPJAMSOSTEK Sulawesi Maluku, Brian Aprinto.
Dalam sambutannya, Andi Darmawan Bintang menyampaikan, pihaknya dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyambut baik acara webinar ini.
”Pekerja merupakan bagian yang harus dijaga. Karena memengaruhi kinerja dan produktivitas perusahaan. Kami berharap, menciptakan pekerja sehat, kuat, unggul dan berbudaya K3 bukan hanya menjadi tanggung jawab perusahaan. Tetapi menjadi tanggung jawab semua pihak. Baik dari sektor pemerintah, sektor swasta ataupun dari pekerja itu sendiri. Sehingga kita menghasilkan produktivitas, meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang pada akhirya menciptakan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” kata Andi Darmawan Bintang.
Deputi Direktur Wilayah BPJAMSOSTEK Sulawesi Maluku, Arief Budiarto, menjelaskan, kegiatan webinar ini diinisiasi dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional yang jatuh pada tanggal 12 Januari sampai 12 Februari setiap tahunnya.
BPJAMSOSTEK menyadari bahwa pelaksanaan K3 tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. Tapi menjadi tanggung jawab semua pihak. Maka BPJAMSOSTEK melakukan berbagai rencana kegiatan sebagai upaya meningkatkan kepedulian tehadap pentingnya K3. Salah satunya adalah pelaksanaan webinar,” jelas Arief Budiarto.
BPJAMSOSTEK sebagai badan hukum publik tengah gencar memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat melalui webinar yang diselenggarakan selama masa pandemi. Kegiatan seperti ini merupakan sarana bagi BPJAMSOSTEK agar tetap berinteraksi dengan peserta dan pemangku kepentingan.
Pemanfaatan teknologi seperti ini terus dilakukan BPJAMSOSTEK agar masyarakat tetap mendapatkan informasi terkini dan engage dengan BPJAMSOSTEK. Tentunya juga merupakan bentuk empati dari BPJAMSOSTEK kepada peserta yang dilakukan dalam bentuk komunikasi interaktif. Selain itu BPJAMSOSTEK juga memanfaatkan teknologi untuk memberikan layanan terbaik dan berusaha terus adaptif terhadap kebutuhan peserta.
Adapun kegiatan BPJS Ketenagakerjaan dalam rangka memperingati Bulan K3, antara lain kampanye bulan K3 dengan pemasangan spanduk di kantor BPJAMSOSTEK & perusahaan binaan, webinar Bulan K3, pemberian bantuan APD Covid-19/safety Corona kit, penilaian Hazard Risk Assesment di lingkungan kerja, serta lomba penulisan artikel K3.
Webinar ini sendiri menghadirkan sejumlah narasumber, masing-masing dr Aminah A Syahruddin, M.Kes, Kepala Balai Besar Pengembangan K3 Makassar sekaligus Koordinator Dokter Penasihat Wilayah Sulawesi Selatan yang membawakan materi ‘Penerapan Hidup Sehat dan Berbudaya K3 Bagi Pekerja di Masa Pandemi Covid-19’.
Juga dr Paul Arthur Tennov Kawatu. M.Sc, dokter Penasihat Wilayah Sulawesi Utara dengan judul materi ‘Potensi Bahaya di Tempat Kerja dan Pengenalan Penyakit Akibat Kerja (PAK)’.
Sedangkan Brian Aprinto, ST, MM, SpHR, Asisten Deputi Direktur Wilayah Bidang Pelayanan membawakan materi berjudul ‘Manfaat Layanan BPJS Ketenagakerjaan’.
Untuk mendukung pelaksanaan sistem K3, BPJAMSOSTEK selaku penyelenggara program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan khususnya Jaminan Kecelakaan Kerja, selama tahun 2020 BPJAMSOSTEK se-wilayah Sulawesi dan Maluku telah membayarkan klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sebanyak 2.679 ribu kasus dengan nominal sebesar Rp43,4 miliar. Untuk di wilayah Sulawesi Selatan sendiri telah dibayarkan klaim JKK sebesar Rp7,4 miliar dari 397 kasus. (mir)

WEBINAR — Asisten Deputi Wilayah Bidang Pelayanan BPJAMSOSTEK Sulawesi Maluku, Brian Aprinto, bersama Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Darmawan Bintang serta dokter Penasihat Wilayah Sulawesi Utara, Paul Arthur Tennov Kawatu, pada acara webinar yang digelar BPJAMSOSTEK dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional tahun 2021.

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini