Connect with us

Kriminal

Kapolsek Parangloe Amankan 200 Liter Ballo

-

PERIKSA MOBIL -- Kapolsek Parangloe, Iptu Kasmawati, didampingi sejumlah personel Polsek Parangloe, memeriksa sebuah mobil Rush yang mengangkut ratusan liter ballo.

GOWA, BKM — Ratusan liter minuman keras jenis ballo (tuak, red) diamankan langsung Kapolsek Parangloe, Iptu Kasmawati, Selasa (16/3). Minuman yang terbuat dari buah tala (buah pohon lontara, red) ini diamankan saat hendak didistribusikan ke wilayah Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan.

Minuman keras tradisional ini disita saat jajaran Polsek Parangloe sementara melakukan patroli wilayah. Ballo ini
diangkut menggunakan mobil Toyota Rush warna hitam.

Kapolsek Parangloe, Iptu Kasmawati, mengatakan, mobil Rush tersebut dikemudikan SM (31) yang merupakan pemilik minuman ballo tersebut. Pelaku didapati berdua dalam mobil bersama rekannya RSW (23). Keduanya tidak bisa mengelak ketika Kapolsek menghentikan mobil pengangkut ballo tersebut.

”Menurut pemiliknya, ballo ini akan dipasarkan di wilayah Moncongloe, Maros. Ballo ini sendiri diperoleh pelaku dari wilayah Dusun Pakkolompo, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa,” kata Iptu Kasmawati.

Kapolsek Parangloe menjelaskan, saat melintas mobil Rush itu mengeluarkan aroma ballo yang sangat menyengat. Makanya, Rush itu diberhentikan.
”Dan benar, di dalam mobil itu terdapat banyak ballo yang dikemas dalam karung plastik. Isinya sekitar 200 liter. Makanya, kami amankan bersama pelaku dan mobilnya untuk diproses sesuai hukum,” kata Polwan berhijab ini.

Dikatakan Iptu Kasmawati, ballo atau tuak adalah salah satu jenis miras yang mampu menimbulkan gangguan Kamtibmas. ”Karena itu, harus dihentikan peredaraannya. Saya imbau kepada warga untuk menghentikan pembuatan miras jenis ballo ini. Kepolisian tidak akan kompromi dan terus melakukan operasi miras di wilayah Parangloe untuk memberikan rasa aman menjelang bulan Ramadan yang tinggal beberapa hari lagi,” kata Kapolsek Parangloe. (sar)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini