Connect with us

Kriminal

Pemkab Genjot Penyusunan RPJMD

Irfan AB Ditunjuk Jadi Ketua Tim Pendamping

-

MAROS, BKM — Tim percepatan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Maros 2021-2026 resmi dibentuk. Bupati dan Wakil Bupati Maros, Chaidir Syam dan Suhartina Bohari menunjuk M Irfan AB sebagai ketua tim pendamping.
Saat ditemui, Irfan mengatakan, penyusunan dokumen RPJMD ini harus secepatnya dirampungkan. Pasalnya, masa jabatan bupati dan wakil bupati Maros saat ini, hanya sampai di tahun 2024 atau tiga tahunan.
”Kita tahu Pemilu serentak akan dilaksanakan tahun 2024. Jadi masa jabatan bupati hanya tiga tahun lebih. Makanya, RPJMD ini harus segera rampung,” kata Irfan, Kamis (18/3).
Lebih lanjut Irfan mengatakan, baik tim pendamping maupun tim ahli, akan memulai penyusunan dokumen RPJMD itu. Dimana, janji bupati dan wakil bupati yang disampaikan saat kampanye harus disampaikan kepada masyarakat sebagai pegangan.
”Aturannya setelah dilantik itu 60 hari harus selesai RPJMD. Ini juga sebagai pegangan pemerintah dalam menjalankan program. Sekaligus menuangkan janji kampanye,” lanjutnya.
Untuk mendukung penyusunan dokumen yang efektif dan efisien, Irfan juga berharap agar seluruh OPD dan pihak terkait bisa menyajikan data yang valid serta kemudahan akses data ke pada seluruh tim.
”Aspek penyediaan data-data harus di siapkan dengan baik, karena tanpa data yg baik maka keputusan pembangun akan salah dan tidak efektif dan efisien,” ujarnya.
Sementara itu, Bupati Maros, Chaidir Syam berharap agar penyusunan dokumen RPJMD ini bukan hanya formalitas. Tetapi dokumen ini bisa menjadi cetak biru pembangunan di Kabupaten Maros.
”Kita berharap agar RPJMD ini bukan hanya formalitas. Tapi menjadi acuan utama kita dalam pembangunan di Kabupaten Maros,” ujar Chaidir.
Selain bupati dan wakil bupati Maros, rapat perdana tim percepatan penyusunan RPJMD itu juga dihadiri sejumlah ahli dan akademisi dari beberapa universitas. (ari/c)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini