Connect with us

Kriminal

Tunggu Salinan Putusan Hakim

Eksekusi Pidana Eks Bendahara Brimob

-

MAKASSAR, BKM — Majelis hakim Mahkamah Agung RI menjatuhkan vonis bersalah tahap kasasi terhadap mantan bendahara Brimob Polda Sulsel, Iptu Yusuf Purwantoro. Iptu Yusuf divonis dalam kasus penipuan dan penggelapan uang senilai Rp1 miliar.
Jaksa Penuntut Umum (JPU) menerima petikan putusan kasasi dari hakim pengadilan Mahkamah Agung RI. Dalam petikan tersebut menyatakan jika mantan bendahara Brimob Polda Sulsel, Iptu Yusuf Purwantoro, terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah. Yakni melakukan tindak pidana penipuan Rp1 miliar terhadap A Wijaya. Yusuf Purwantoro terbukti melanggar pasal 378 KUHP, dengan hukuman pidana penjara selama 1 tahun.
Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejaksaan Tinggi Sulsel, Idil ,membenarkan terkait adanya putusan kasasi tersebut yang telah diterima JPU dalam bentuk petikan putusan kasus penipuan atas nama terpidana mantan bendahara Brimob Polda Sulsel, Iptu Yusuf Purwantoro.
”Dengan adanya putusan tersebut, tentu JPU tinggal melaksanakan eksekusi terhadap terpidananya,” tukas Kasi Penkum Kejati Sulsel, Idil , Kamis (18/3).
Dimana, putusan kasasi tersebut menurut Idil, telah berkekuatan hukum tetap (inkracht). Tentunya JPU berkewajiban untuk melaksanakan putusan tersebut. Yakni dengan melaksanakan dan melakukan eksekusi terhadap terpidana yang telah dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana penipuan dalam perkara ini.
”Soal eksekusinya, itu kewenangan JPU. Kapan terpidana tersebut akan dieksekusi,” tukas Idil.
Dikonfirmasi terpisah, JPU dalam kasus ini, Ridwan Syahputra, menuturkan, dengan telah diterimanya putusan tersebut tim JPU kata Ridwan tinggal melaksanakan eksekusi terhadap terpidana tersebut, berdasarkan adanya putusan kasasi dari Majelis Hakim MA.
”Nanti setelah kita terima salinan putusannya, baru kita eksekusi. Karena sekarang baru pemberitahuan, dalam bentuk petikan putusan yang kita terima,” ujar Ridwan Syahputra.
Lebih lanjut Ridwan menuturkan, jika salinan putusannya diterima, ia memastikan bahwa JPU selaku eksekutor akan langsung mengeksekusi terpidana tersebut. (mat)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini