Connect with us

Sulselbar

Chandra Dg Ngerang Inisiasi Silaturahmi Tokoh Adat di Sulsel

-

IST SILATURAHMI--Sejumlah tokoh adat keturunan para raja-raja di Sulsel menggelar silaturhami dikediaman eks raja Gowa baru-baru ini

GOWA, BKM–Politisi Partai Gerindra Chandra Juarsa Dg Ngerang baru saja menggelar kegiatan silaturahmi dengan tokoh adat di Sungguminasa, Kecamatan Sombaopu Kabupaten Gowa baru-baru ini.
Para tokoh adat yang hadir tergabung dalam komunitas masyarakat adat nusantara (Iman).
Pertemuan digelar di istana eks kerajaan Gowa, Sabtu (3/4)
“Mereka hadir mewakili empat etnik yang ada di sulselbar dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi dalam pelestarian adat dan budaya”ujar Dg Ngerang, Rabu (7/4).
Kehadiran Iman disambut oleh tokoh dari perangkat Lembaga Kerajaan Gowa (LAG) yakni Andi Ilham Syah Kr Cambang dan Chandra Juarsa Dg Ngerang.
Andi Ilham Syah dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Iiman atas kunjungannya..”Kegiatan inipun cukup mendapatkan sambutan hangat oleh Iman, dimana pemerintah kabupaten Gowa yakni Dinas Pariwisata memberikan kesempatan kepada Iman untuk melihat lihat benda-benda pusaka Kerajaan Gowa dengan melakukan swa photo di kediaman ex raja gowa itu.
“Mereka berharap semoga kegiatan pelestarian adat lebih di prioritaskan.”jelas Dg Ngerang
Ditambahkan bila kedepannya program prioritas Iman yang ada di Indonesia akan kembali melakukan kunjungan ke istana ex Kerajaan Gowa dimana yang akan hadir suku-suku yang ada di pulau Jawa, pulau Sumatera, pulau Kalimantan dan Irian/Papua.
“Kujungan Iman tidak hanya di Istana ex raja Gowa, tetapi merekapun melakukan kunjungan wisata dan ziarah ke makam Sultan Hasanuddin, masjid tua Katangka, makam Syech Yusuf dan makam Arupalakka”ujarnya
Silaturahmi tersebut dihadir banyak tokoh adat diantaranya tokoh dari Selayar diwakili oleh Bontobangung, Salu, Gantarang, Lalang bata. Tokoh adat dari Jeneponto datang dari Binamu, Rumbia, Tarowang, Bangkala, sedangkan dari Takalar datang tokoh asal Galesong. Adapaun tokoh adat dari Bone yakni hadir asal Arung Kahu Labuaja. (rif)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini