Connect with us

Metro

Satu Lagi Dosen UM Kendari Jadi Kandidat Doktor di UNM

-

MAKASSAR, BKM — Satu lagi dosen Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari yang menuju raihan doktor di Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (PPs UNM). Dia adalah Citra Prasiska Puspita Tohamba dari Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris. Ia kini berpeluang besar menambah deretan tenaga pengajar bergelar doktor di kampus yang terletak di pusat kota Kendari itu.

Beberapa bulan sebelumnya, satu dosen UM Kendari telah meraih gelar doktor. Dr Maulina,MPd berhasil merengkuh gelar doktor di PPs UNM.

Pada ujian gagasan awal disertasi secara virtual yang berlangsung Kamis, 1 April 2021, Citra mampu mempresentasikan ide penelitian yang dilatarbelakangi oleh tuntutan pembelajaran di abad 21, yang mendorong perkembangan keilmuan dan mobilitas manusia dalam berinteraksi. Tidak hanya di dalam negeri, tapi juga lintas negara.

Perkembangan itu juga tentu terkait dengan penggunaan bahasa Inggris sebagai media komunikasi dan dalam interaksi ini. Pemahaman bahasa danbudaya berperan penting dalam meminimalisir terjadinya misunderstanding. Oleh karena itu, pemahaman budaya menjadi sangat dibutuhkan terlebih lagi bagi pembelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing.

Sehingga tuntutan akan metode pembelajaran yang tepat untuk menguatkan pemahaman budaya bahasa target pembelajar tersebut menjadi tugas utama dosen. Dan salah satu metode pembelajaran yang sangat tepat adalah Intercultural Communicative Language Teaching (ICLT).

Berdasarkan studi awal yang dilakukan oleh Citra membuktikan bahwa di salah satu universitas swasta terkemuka di Makassar, yakni Universitas Muslim Indonesia (UMI) telah menerapkan metode pembelajaran yang ICLT dalam pengajaran mata kuliah lintas budaya atau Cross Cultural Understanding (CCU).

Melalui penelitian disertasi ini, ia ingin membuktikan pentingnya pembelajaran lintas budaya dengan model ICLT yang dinilai tidak  hanya mampu meningkatkan pemahaman lintas budaya dan kesadaran tentang nilai-nilai budaya negara sendiri dan negara lain. Namun juga dapat menguatkan kecakapan bahasa asing pembelajar, dikarenakan kegiatan pembelajar dengan model ICLT di UMI memfasilitasi kegiatan komunikasi lintas budaya.

Contoh penerapan ICLT di kampus tersebut dapat memberikan sumbangsih dalam pembenahan dan peningkatan pembelajaran budaya bahasa asing pada tingkat perguruan tinggi di Indonesia.

Hasil presentasi putri pasangan Abdul Ganing dan Sugianti itu berhasi mendapatkan nilai rataan A dari tim penguji yang diketuai oleh Prof Drs Muhammad Basri,MA,PhD, dan tiga anggota masing-masing Prof Dr Kisman Salija,MPd, Amirullah,MEd,PhD, dan Prof Dr Baso Jabu,MHum.

Prof Basri yang juga ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris PPs UNM memang mendorong dan mengapresiasi ide penelitian yang futuristik. Berkat keberhasilan ini, Citra berhak menyandang status kandidat doktor.

“Beberapa senior saya sudah menyelesaikan pendidikan doktor mereka, termasuk Kak Maulina. Sebagai senior, beliau tidak henti memotivasi saya untuk terus belajar,” ungkap bungsu dari dua bersaudara itu. (rls)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini