Connect with us

Politik

Sudirman Sulaiman Masih Terlalu Dini Bicara Calon Wakil

-

MAKASSAR, BKM–Andi Sudirman Sulaiman yang kini mendapat amanah sebagai pelaksana tugas Gubernur Sulsel belum ingin bicara soal siapa yang akan mendampinginya kelak sebagai wakil gubernur.
Selain kasus yang melilit Nurdin Abdullah belum masuk tahap persidangan, mantan Bupati Bantaeng dua periode ini juga belum ingin mengundurkan diri lantaran masih membantah apa yang ditudingkan KPU kepadanya.
Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (PT IPI) Suwadi Idris Amir mengatakan, pembahasan demikian seharusnya menunggu hingga Andi Sudirman Sulaiman defenitif menjabat sebagai Gubernur Sulsel.
Munculnya wacana yang mendorong mantan Panglima Kodam (Pangdam) XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka menjadi calon wakil gubernur pun dianggap Suwadi, sah-sah saja.
“Namun ke depan, jika saatnya tiba, memang sosok Andi Sumagarukka adalah figur yang seksi dan cukup rasional untuk posisi Wagub Sulsel. Sebab selama ini sosok Andi Sumangarukka dikenal figur yang terbuka dan plural, artinya karakternya cocok dan pas mengisi kekurangan Plt Gubernur Andi Sudirman yang dikenal agamalis dan berjiwa entrepreneur,” kata Suwadi, Selasa (6/4).
Alasan kedua, karena dari kajian geopolitik duet Andi Sudirman Sulaiman dan Andi Sumangerukka sangat rasional.
Andi Sudirman berasal dari Bone dan Bantaeng. Ia juga memiliki darah Gowa sebab merupakan cicit I Mariama Karaeng Pattukangan (Putri Raja Gowa Ke 19 Sultan Abdul Jalil yang juga raja Sanrobone ke 9). Selain itu, Andi Sudirman rupanya juga merupakan cicit Syekh Yusuf Al Makassari.
“Artinya selain Bone, Andi Sudirman juga mewakili Gowa dan Takalar, sangat pas secara geopolitik jika bersama Andi Sumangerukka yang berdarah Wajo, Bone dan Bulukumba,”tutur Suwadi.
Meski begitu, beberapa nama lain juga perlu dipertimbangkan, seperti ketua DPW PAN Sulsel Ashabul Kahfi, Ahmad Tanribali Lamo serta kader dari PDIP.
Hal sama disampaikan direktur ALTA Nusantara, Muh. Rhesa. Rheza juga menilai Andi Sumagarukka cocok mendampingi Andi Sudirman ke depan. Ia juga menyebut beberapa nama lain yang dianggap cocok menduduki jabatan sebagai Wagub Sulsel.
“Nama lainnya yakni Bupati Gowa Adnan Purichita, Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, mantan Bupati Maros Hatta Rahman,”pungkas Rhesa. (rif)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini