Connect with us

Bisnis

KM DHARMA KENCANA Resmi Layani Garongkong Barru Tujuan Paciran Lamongan. Bupati Sambut Baik Operasional Perdana

-

RESMIKAN -- Bupati Barru, Suardi Saleh didampingi Manajer PT Dharma Lautan Utama, Budiono, mewakili Dirut PT Dharma Dwipa Utama, anggota Komisi IX DPR RI, drg Hasna Syam, wakil bupati, Sekkab, dan Forkopimda Barru, melakukan pelepasan balon di atas KM Dharma Kencana sebagai tanda peresmian pengoperasian KM Dharma Kencana yang akan melayani rute Pelabuhan Garongkong, Kabupaten Barru, Provinsi Sulsel menuju Pelabuhan Paciran, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jatim.

BARRU, BKM — PT Dharma Dwipa Utama (DDU) anak perusahaan dari PT Dharma Lautan Utama ( DLU) salah satu perusahaan pelayaran nasional mulai melebarkan sayapnya. Kini mulai melayani jalur keperintisan dengan rute dari pelabuhan Garongkong, Kabupaten Barru, Provinsi Sulsel ke pelabuhan Paciran, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jatim.
Pengoperasian perdana KM Dharma Kencana dihadiri Bupati Barru, Suardi Saleh, anggota Komisi IX DPR RI, drg Hasna Syam, wakil bupati, Sekkab, Forkopimda, Wakapolres, Kadis Perhubungan, serta pejabat pemerintah lingkup kementerian perhubungan dan kesehatan yang dilaksanakan di Pelabuhan Garongkong, Barru, Sabtu, 10 April 2021.
Manajer PT DLU Cabang Makassar, Budiono, mewakili Dirut PT DDU, mengatakan, KM Dharma Kencana dijadualkan berangkat seminggu sekali. Kapal ini memiliki kapasitas muatan 575 penumpang, 30 truk atau 65 unit campuran, termasuk kendaraan pribadi. Dalam melakukan pelayaran pelabuhan Garongkong ke Pelabuhan Paciran ini, KM Dharma Kencana akan menempuh jaraksekitar 40 hingga 48 jam.
”Di atas kapal kita siapkan berbagai fasilitas yang akan membuat para penumpang merasa nyaman. Karena seluruh ruangan ber AC, fasilitas ruang tidur serta tempat duduk recleaning Seat. Dimana, semua fasilitas tersebut tidak perlu membayar lagi. Ruang musalah, ruang medis beserta tenaga media siap selama pelayaran serta menjamin keselamatan pengguna jasa dengan standar internasional (SOLAS & IMO). Adanya pandemi Covid-19 sekarang ini juga kita terapkan protokol kesehatan ketat. Yakni penumpang wajib pakai masker, cuci tangan, dan menjaga jarak tempat penumpang, jelas Budiono.
Budiono berharap, kehadiran KM Dharma Kencana di pelabuhan Garongkong, dapat melancarkan pengiriman logistik dan membawa Kabupaten Barru menjadi daerah lebih maju dibanding daerah lain yang ada di Sulawesi Selatan. Karena letaknya yang cukup strategis.
”Ke depan, PT DDU berharap bisa merintis pelayaran Barru ke Kalimantan. Dengan diserahkannya pelabuhan baru dari Kementerian Perhubungan ke Pemkab Barru, kami ingin menjadikan pelabuhan Garongkong ini sebagai wajah dari Kabupaten Barru dan menjadi pelabuhan percontohan secara nasional, yakni dengan merombak total fasilitas agar menjadi lebih baik,” harap Budiono.
Pada kesempatan tersebut, Budiono menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan bupati Barru dan seluruh jajaran Pemkab Barru secara komplit.
”Kami merasa bangga dan tersanjung atas sambutan ini. Atas nama seluruh jajaran direksi PT DDU mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,” tutup Budiono.
Sementara itu, Bupati Barru, Suardi Saleh, menyampaikan apresiasinya atas pengoperasian perdana KM Dharma Kencana di pelabuhan Garongkong.
”Kita berharap KM Dharma Kencana terus beroperasi dan bersinergi dengan pemerintah daerah dalam memajukan Kabupaten Barru. Khususnya meningkatkan sektor ekonomi masyarakat sekitar,” harap bupati dua periode itu.
Bupati Suardi Saleh menambahkan, pemerintah daerah juga telah berkomitmen mengembangkan pelabuhan Garonkong menjadi kawasan industri khusus. (mir)

TINJAU KAPAL — Bupati Barru, Suardi Saleh bersama anggota Komisi IX DPR RI, drg Hasna Syam didampingi Manajer PT Dharma Lautan Utama Cabang Makassar, Budiono, meninjau kondisi dan berbagai fasilitas yang ada di atas KM Dharma Kencana.

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini