Connect with us

Headline

Kompor Meledak di Kafe Picu Kebakaran 10 Rumah

-

BKM/JULDAM KEBAKARAN-Warga berlarian ke jalan sesaat setelah api membakar rumah di Jalan Singa dan Jalan Badak, RT 02/RW 05, Kelurahan Bontobiraeng,  Kecamatan Mamajang, Minggu (18/4) pukul 14.54 Wita.

MAKASSAR,  BKM — Memasuki hari keenam di bulan Ramadan, peristiwa kebakaran terjadi di Kota Makassar. Api melalap 10 unit rumah milik warga yang berlokasi di Jalan Singa dan Jalan Badak, RT 02/RW 05, Kelurahan Bontobiraeng,  Kecamatan Mamajang. Kebakaran berlangsung,  Minggu (18/4) sekitar pukul 14.54 Wita.
Munculnya asap yang membumbung tinggi ke angkasa membuat panik warga. Mereka langsung berhamburan keluar dari dalam rumah, lalu berlarian ke lorong dan menuju jalan raya tanpa membawa apa-apa. Di saat bersamaan, api terus menjalar. Sebab rumah panggung yang terbakar terbuat dari kayu yang mudah terbakar. Jarak dari lokasi kebakaran ke jalan raya kurang lebih 15 meter. Sementara lebar lorong hanya satu meter.

Informasi yang diperoleh di lokasi kejadian, menyebutkan sumber api diduga berawal dari sebuah kafe sekaligus warkop yang berada di Jalan Singa, bersebelahan dengan Wisma Juang. Kompor yang meledak di kafe tersebut disinyalir sebagai pemyebab. Selanjutnya api dengan mudah merembet ke bagian belakang kafe, hingga menghanguskan rumah-rumah penduduk semi permanen.
Rumah tersebut terletak di Jalan Singa, lalu belok kanan ke Jalan Badak, tepat di samping kantor Kelurahan Bontobirang. Beruntung, bangunan kantor kelurahan sudah permanen sehingga tidak mudah terbakar. Keberadaannya mampu menghambat api menjalar ke rumah lain.
Asma (38), seorang warga yang rumahnya rata dengan tanah ketika ditemui di lokasi kebakaran tepat di depan kafe Jalan Singa, mengemukan saat terjadi kebakaran dirinya keluar dari lorong. Saat itu ia hendak mencari makanan untuk berbuka puasa.

”Baru saja keluar dari lorong menuju jalan raya, tiba-tiba ada asap tebal hitam disertai dengan api dari kafe. Saya langsung masuk ke dalam lorong menuju rumah, menyuruh anak-anak dan keluarga bersama warga dalam lorong keluar dari lorong tanpa membawa barang apapun,” tutur Asma.
Lokasi kebakaran ternyata berada tak jauh dari kediaman Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar Hasanuddin. Saat kejadian, Hasanuddin tengah berada di kantor. Ia mengetahui peristiwa tersebut ketika ditelepon keluarganya dari rumah.

”Kebetulan saya di kantor, langsung perintahkan armada kebakaran ke lokasi. Ada yang lewat di Jalan Singa, ada juga yang lewat di Jalan Badak. Selang ditarik masuk ke dalam lorong yang tidak jauh dari jalan raya, dibantu oleh warga untuk memadamkan api,” terang Hasanuddin. Personel kepolisian dari Polsek Mamajang dan Polrestbaes Makassar bersama koramil Mamajang tiba di lokasi kebakaran untuk melakukan pengamanan. Masyarakat diinstruksikan untuk tidak masuk ke dalam lokasi. Sampai berita ini ditulis pada pukul 16.53 Wita, belum ada data jumlah jiwa yang terdampak kebakaran. Petugas kelurahan dan kecamatan masih melakukan pendataan. Tidak ada korban jiwa, kecuali material.  Korban kebakaran sementara mengungsi di rumah tetangga dan keluarga untuk berbuka puasa. (jul) 

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini