Connect with us

Sulselbar

Haidar Sosialisasi Kebangsaan Bidang Agama

-

IST SOSIALISASI--Legislator Partai Demokrat Sulsel Haidar Madjid menggelar sosialisasi nilai kebangsaan bidang keagamaan di Aula Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik Jl. AP Pettarani, Minggu (18/4) petang.

MAKASSAR, BKM–Anggota Fraksi demokrat DPRD Provinsi Sulsel Haidar Majid, menggelar sosialisasi nilai-nilai kebangsaan bidang keagamaan di Aula Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik Jl. AP Pettarani, Minggu (18/4) petang.
Sebagai nara sumber yakni dosen Fisipol Unhas Ishaq Rahman dan Ust. Abdul Qadir Jaelani. Kegiatan ini diikuti 200 peserta, dengan protokol kesehatan yang ketat.
Haidar Majid menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya di Kota Makassar, tentang pentingnya nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam suasana Ramadan, dimana umat Islam sedang menjalankan ibadah puasa, dirinya sengaja mengangkat tema yang berkaitan dengan bidang keagamaan.
“Kita perlu menyadari bahwa nilai-nilai keagamaan adalah nilai yang tidak terlepas dan tidak dapat dipisahkan dari nilai-nilai kebangsaan. Kedua nilai ini tidak perlu dipertentangkan dan dipisahkan,” kata Haidar.
Ishaq Rahman dalam paparannya menjelaskan tentang keterkaitan antara agama dan ilmu. Dosen Hubungan Internasional FISIP Unhas yang sedang menyelesaikan studi doktoral di Jepang ini menjelaskan bahwa dewasa ini semakin banyak manusia yang merindukan dan mencari agama sebagai upaya menyelesaikan persoalan kehidupan.
“Trend ini terjadi di banyak negara, dimana manusia semakin menyadari bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi yang tinggi tidak dapat menyelesaikan seluruh persoalan kehidupan. Ada trend yang kuat dimana manusia cenderung mencari agama sebagai upaya mengatasi kegelisahan dalam hidup,” kata Ishaq.
Dibagian akhir, Ustad Abdul Qadir Jaelani menguraikan tentang pentingnya suasana bulan Ramadan untuk mempererat kehidupan kebangsaan. Salah satu keutamaan bulan Ramadan adalah mengajarkan tentang kepekaan sosial, dimana hal ini juga merupakan bagian tidak terpisahkan dari nilai kebangsaan.
Sosialisasi ini dipandu oleh Normawati sebagai moderator. (rif)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini