Connect with us

Gojentakmapan

Bayarkan THR, Gowa Alokasikan Lebih Rp32 M

Gaji 13 Nanti Juni

-

Adnan Purichta Ichsan

GOWA, BKM — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menegaskan, pada Rabu (5/5), Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Gowa mulai dibayarkan. Input data ASN pun telah selesai, Senin sore (3/5) dan proses masuk rekening masing-masing ASN sudah jalan.
Hal itu dikatakan Adnan saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp. Bupati Gowa ini mengatakan, sampai Senin sore daftar gaji ASN telah selesai dikerjakan.
”Selasa sudah diminta semua SKPD untuk memasukkan SPM untuk diterbitkan SP2D supaya hari Rabu sudah bisa masuk ke rekening masing-masing ASN,” papar bupati Gowa.
Dijelaskan, untuk pembayaran THR kepada 8.000-an ASN Gowa baik lingkup Pemkab Gowa, guru, tenaga kesehatan dan lainnya secara total mencapai kurang lebih Rp32 miliar yang akan dibayarkan. Nilai ini termasuk gaji 13 ASN.
Terkait rencana pembayaran THR ini, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Gowa, Abd Karim Dania, mengatakan, THR bagi ASN tersebut akan dibayarkan dalam waktu satu atau dua hari ke depan.
”Insya Allah besok kita bayarkan,” kata Karim, Selasa (4/5).
Dijelaskan Karim, pembayaran THR dan gaji 13 tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 63 Tahun 2021 dan Peraturan Menteri keuangan (PMK) No 42 Tahun 2021. Meski demikian pembayaran THR dan gaji 13 ASN ini harus ditetapkan dengan peraturan bupati (Perbup) dan diajukan ke Provinsi sesuai mekanismenya.
”Mekanismenya sebelum dicairkan, Perbup harus ditetapkan provinsi. Dan saat ini Perbup tersebut, sudah diproses dan dikoordinasikan dengan Bagian Hukum Pemkab Gowa,” jelas Karim.
Karim pun mengakui jika pembayaran THR dan gaji 13 tersebut harus segera dibayarkan sesuai perintah bupati Gowa.
”Anggarannya tidak ada masalah. Kita sudah siapkan Rp32 miliar lebih. Cuma kita sisa menunggu Perbup itu. Bapak bupati telah memerintahkan untuk segera mentransferkan ke masing-masing rekening ASN sebesar satu bulan gaji per masing-masing ASN,” beber Karim.
Meski sudah ada perintah pembayaran dari bupati Gowa, namun sesuai proseduralnya yang pertama akan dibayarkan adalah THR senilai satu bulan gaji. Sementara untuk gaji 13 baru akan dibayarkan Juni mendatang. (sar)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini