Connect with us

Metro

Minta Pemkot Evaluasi TKSK Dinsos

-

int Wahab Tahir

MAKASSAR, Anggota DPRD Kota Makassar mendesak pemerintah kota segera melakukan evaluasi kinerja dari Dinas Sosial (Dinsos) Kota Makassar.
Pasalnya, tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) di bawah naungan Dinsos Makassar tengah disorot Inspketorat.
Alasannya, selama ini mereka bekerja tanpa ditunjang regulasi. Bantuan sosial rawan dimainkan.
Ketua Komisi D DPRD Makassar, Abdul Wahab Tahir bahkan secara tegas mendorong Pemkot Makassar untuk melaporkan ke pihak berwajib jika nantinya ditemukan ada hal-hal yang melanggar hukum.
“Selama ini sistem pendataan bantuan sosial yang dilakukan TKSK Dinsos Makassar banyak dikeluhkan warga. Tak sedikit yang mengeluh lantaran tidak lagi tercatat sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” tegasnya.
“Kalau ada potensi pelanggaran hukum, laporkan ke pihak yang berwajib biar jera,” ujar Wahab.
Legislator Golkar itu mengaku khawatir, jangan sampai, ada unsur kesengajaan yang dilakukan oknum Dinsos Makassar untuk memainkan bantuan sosial.
Sehingga, harus dilakukan evaluasi secara keseluruhan, termasuk bila ada unsur kesengajaan.
berikan mereka sanksi tegas agar ada efek jera,” tuturnya.
Menurutnya, aktivitas TKSK selama ini ilegal. Sebab tidak ditunjang oleh regulasi.
Kendati begitu, kata dia tentu ada standar operasional prosedur (SOP) dari kementrian sosial sebagai dasar acuan melakukan pendataan di masyarakat.
“Kalau tidak ada regulasi, berarti selama ini aktivitas mereka ilegal. Saya mengusulkan Pemkot Makassar untuk melobi kemensos agar bisa dilakukan evaluasi total dan menyeluruh. Karena kalau tidak masyarakat akan selalu jadi korban,” paparnya.(nug)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini