Connect with us

Bisnis

CLI Fapet Unhas dan HPDKI Sulsel Sharing Online Bahas Manajemen Breeding Ternak Kambing

-

Center of Livestock Innovation (CLI) Fakultas Peternakan (Fapet) Unhas berkolaborasi dengan Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia  (HPDKI) Sulsel menggelar sharing online, Kamis (6/5/2021). 

MAKASSAR, BKM — Center of Livestock Innovation (CLI) Fakultas Peternakan (Fapet) Unhas kembali berkolaborasi dengan Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia  (HPDKI) Sulsel. Kali ini kerjasamanya dalam bentuk kegiatan sharing online.

Sharing online yang membahas tentang manajemen breeding pada ternak kambing digelar Kamis, (6/5/2021) siang melalui zoom meeting dan kanal youtube.

Sharing online ini dibuka Dekan Fakultas Peternakan, Prof. Dr. Ir. Lellah Rahim, M.Sc. Dalam sambutannya Prof Lellah menyampaikan bahwa peternakan kambing merupakan salah satu usaha yang bisa mempercepat pemulihan ekonomi pada masa pandemi Covid-19.

Berdasarkan data, kata Prof Lellah, sektor pertanian yang di dalamnya termasuk subsektor peternakan merupakan penyumbang pertumbuhan ekonomi tertinggi di atas rata-rata nasional.

Prof Dr Ir Lellah Rahim

Prof Lellah mengatakan,  sebagai tenaga ahli Gubernur Sulsel untuk percepatan pembangunan di Sulawesi Selatan, bahwa saat ini Pemprov Sulsel berharap pertumbuhan ekonomi dipercepat melalui peternakan kambing, ayam kampung dan itik serta pengembangan ternak sapi.

“Melalui kegiatan yang dilaksanakan CLI Fapet Unhas dan DPC HPDKI Sulsel kita harap agar peternakan kambing dapat berkembang pesat di Sulsel. Pimpinan Fakultas Peternakan Unhas menitip harapan besar melalui ketua HPDKI Sulsel untuk dapat memberi arahan pengembangan ternak kambing di Sulsel agar dapat tercapai sesuai harapan,” tutup Prof Lellah.

Kegiatan sharing online dipandu langsung Kepala CLI Fapet Unhas, Dr. Syahdar Baba, S.Pt., M.Si sekaligus sebagai ketua DPC HPDKI Sulawesi Selatan.

Syahdar mengatakan, jegiatan sharing online ini dilakukan secara berseri. Dimana, kata dia, kegiatan kemarin merupakan seri kedua dan  berlanjut pada seri berkutnya.

Adapun pemateri yang membawakan tentang manajemen breeding ternak kambing adalah dosen Fapet Unhas, Dr Muhammad Ihsan A. Dagong, SPt, MSi.

Dalam materinya, Dr Ihsan yang juga Wakil Sekretaris DPC HPDKI Sulsel menekankan empat hal penting dalam beternak kambing. Keempatnya yaitu passion, ilmu, kreatifitas dan harapan yang saling terkait satu sama lain.

Dr Muhammad Ihsan A Dagong

“Beternak itu harus dijadikan hobi dengan dukungan ilmu. Tapi ilmu juga tidak cukup karena kita juga harus kreatif dalam mengelola peternakan dan memunculkan harapan sebagai sumber pendapatan,” tuturnya.

Ihsan menyampaikan bahwa inti manajemen breeding ternak kambing adalah tujuan produksi yang ingin dicapai yaitu produksi bibit, produksi susu atau produksi anakan/cempe. Ia memperhatikan beberapa faktor dalam pembibitan yang baik yaitu memilih bibit yang baik dan berstandar SNI, pemberian pakan yang baik, perkandangan, perkawinan, pencegahan dan penanganan penyakit.

Peserta yang hadir kegiatan ini 100 orang via Zoom dan 105 peserta via youtube. Peserta berasal berbagai kalangan yaitu akademisi, pemerintah dalam hal ini dinas, peternak, dan pengusaha atau pedagang yang berasal dari beberapa daerah seperti Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Kalimantan, Jawa Barat dan Jawa timur.

“Salah satu kendala utama di sulsel adalah kurangnya pejantan unggul yang full blood sehingga HPDKI Sulsel atau Center of Livestock Innovation (CLI) diharapkan dapat memfasilitasi pengadaan pejantan unggul di Sulsel,” tutup Ihsan. (rls)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini