Connect with us

Metro

Prodi Administrasi Publik Unhas Raih Sertifikat Internasional AUN QA

-

Tim Task Force AUN QA Prodi Administrasi Publik Unhas.

MAKASSAR, BKM — Program Studi (Prodi) Administrasi Publik Universitas Hasanuddin (Unhas) meraih sertifikat AUN QA yang menjadi standar sertifikat internasional untuk kualitas manajemen dan kurikulum program studi. Sertifikat ini didapatkan setelah melalui proses evaluasi dan assesmen oleh ASEAN University Network Quality Assurance (AUN QA).

Proses assesmen dilakukan secara daring pada 1-5 Februari oleh Prof Dr Sany Sanuri Mohd Mokhtar dari University Utara Malaysia, dan Prof Dr Nguyen Huy Phuc dari Industrial University of Ho Chi Minh City, Vietnam. Pengumuman hasil assesment sertifikat internasional AUN QA ini disampaikan oleh Budi Prastawa,PhD yang juga ketua Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Universitas Hasanuddin, setelah mendapatkan email dari manajemen AUN QA yang berpusat di Bangkok Thailand.

Berita kesuksesan prodi Administrasi Publik kemudian disambut dengan pemberian selamat oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas Prof Restu, dan Dekan Fisip Unhas Prof Armin, serta Wakil Dekan Akademik Fisip Unhas Dr Phil. Sukri via WA kepada Tim Task Force AUN Prodi Administrasi Publik Unhas. Tim ini terdiri dari Ketua Dr Hasniati, Dr Muh Tang Abdullah, Andi Rahmat Hidayat,MSi, Amril Hans,MPA dan Andi Ahmad Yani,MSi,MPA, MSc serta didukung Rizal Pauzi, MSi.  Proses assesmen dilakukan dengan sangat ketat dan padat meskipun dilakukan secara daring.

Andi Ahmad Yani, MSi,MPA,MSc, selaku Tim Task Force AUN QA Prodi Administrasi Publik Unhas menjelaskan bahwa dalam proses assesment, selain melakukan evaluasi dokumen kurikulum, tim Assesor juga melakukan wawancara langsung kepada dosen, mahasiswa, pegawai, alumni dan lembaga yang menggunakan alumni Prodi Administrasi Publik.

“Proses wawancara dilakukan dengan menggunakan bahasa Inggris dan Tim Task Force memberikan data-data perkembangan Prodi Administrasi Publik selama ini,” jelasnya.

Ahmad Yani menerangkan, sebagai program studi tertua di Fisip Unhas, Prodi Administrasi Publik memiliki kelebihan tersendiri dengan jumlah guru besar terbanyak yang memiliki prestasi dan reputasi internasional. Demikian halnya dengan mahasiswa dan alumni yang selama ini selalu terlibat dalam berbagai kegiatan nasional dan internasional.

“Sertifikat internasioanl AUN QA ini semakin memperkuat Prodi Administrasi Publik untuk menjadi prodi berlevel internasional, yang sejak tahun 2019 telah menerima mahasiswa dari Thaksin University Thailand untuk ikut dalam aktivitas kuliah,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Ahmad Yani, Program Magister Administrasi Publik Unhas juga telah memiliki program double degree dalam bidang public policy and management dan electronic government yang bekerja sama dengan Melbourne University Australia dan University of Victoria at Wellington, Selandia Baru.

Sementara itu, Direktur Komunikasi Unhas Suharman Hamzah, mengatakan bahwa kabar baik baru saja datang
dari Sekretariat AUN-QA di Thailand, yang menyatakan bahwa sempat prodi S1 Unhas memenuhi persyaratan sertifikasi/akreditasi internasional AUN QA.

“Selain Prodi Administrasi Publik, ada tiga program studi lain, yakni Ilmu Politik, Sastra Arab dan Manajemen SD Perairan. Alhamdulillah, berkah di akhir Ramadan dengan bertambahnya empat prodi S1 Unhas dapat sertifikasi/akreditasi AUN. Hasil ini menjadikan Unhas memiliki 34 prodi S1 (51 persen) akreditasi internasional,” ujarnya. (rls)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini