Connect with us

Sulselbar

Sampah Berserakan, Wonomulyo Tampak Jorok

-

JOROK -- Kondisi Kecamatan Wonomulyo tampak terlihat jorok dengan banyaknya sampah yang berserakan.

POLMAN, BKM — Kondisi Kecamatan Wonomulyo tampak terlihat jorok dengan banyaknya sampah yang berserakan. Padahal saat H Umbar menjabat Camat Wonomulyo, kebersihan Wonomulyo terutama sekitar pasar tampak lebih baik.

Sayang, kondisi saat ini diamana-mana terdapat unggukan sampah berserakan membuat panorama alam disekitar kurang enak dipandang. Padahal anggaran penanganan sampah saat itu mungkin lebih minim dibanding anggaran sampah di Kantor Camat Wonomulyo.
Camat Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar, H. Asrul Ambas, SP. M.Si. beberapa bulan sebelumnya ketika berbincang di ruang kerjanya terkait sorotan pengelolaan sampah di Wonomulyo mengakui untuk memaksimalkan kebersihan wilayah Ibukota Kecamatan Wonomulyo dari sampah dikatakan jumlah anggaran penanganan sampah yang dikelolanya tidak memadai.
Kedepan untuk meningkatkan kebersihan Ibukota Kecamatan Wonomulyo dibutuhkan pemimpin yang memiliki kepedulian, visi dan misi terkait kebersihan dan pengelolaan sampah yang efektif dan efisien dalam pemanfaatan anggaran ABPD.
Dengan slogan BERHIAS (bersih, hijau, Indah, aman dan sejahtera) dapat terwujud serta mendukung mewujudkan budaya bersih menjadi roh dan semangat untuk mengikuti program pemerintah pusat menggelar lomba Adipura, jangan sebatas areal wilayah tertentu saja seperti Ibukota Polewali di Kabupaten Polman yang dibersihkan.
Kedepam siapa kira-kira figur yang pas buat memeneg Ibukota Wonomulyo agar Wonomulyo bisa lebih bersih, indah dan nyaman dipandang.
Salah seorang warga menilai mantan Sekcam Wonomulyo yang saat ini menjabat Camat Matakali Kabupatn Polman, Sulaeman Makka, andainya bisa jadi Camat dia yakin beliau bisa berbuat untuk Wonomulyo.
Kondisi saat ini khususnya lokasi sekitar Pasar Wonomulyo memprihatinkan selain semrawut. Sampah marak berserakan plus kemacetan jalan disekitar pasar karena badan jalan dibiarkan menjadi tempat berjualan bagi pedagang padahal sudah ada lapak jualan diatasnya.
Permasalahan sampah dan penataan arus jalan sekitar pasar terkesan kian rumit terkait urusan penanganan sampah dan kemacetan lalulintas di Wonomulyo butuh figur pemimpin setempat yang kreatif. Betul-betul peduli dan mau berbuat nyata.
‘Kedepan hal ini perlu dipikirkan bagi penentu kebijakan tingkat Kabupaten dalam hal ini Bupati Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar agar permasalahan dan sorotan tidak dibiarkan berlarut-larut demi mewujudkan dan membudayakan kebersihan.
”Mulai dari Ibukota Kabupaten sampai tingkat kecamatan, mengingat Kabupaten Polewali Mandar dikenal pernah meraih piala Adipura, semoga Polman tetap meraih Adipura,” tandas H Asrul. (*)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini