Connect with us

Metro

THR ASN Pemkot Rp52 M Cair

-

MAKASSAR, BKM–Tunjangan hari raya (THR) aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Makassar sudah bisa dicairkan. Proses pencairan anggaran yang juga populer disebut gaji 14 itu, mengacu pada Peraturan Wali Kota Makassar (Perwali) Nomor 27 Tahun 2021 yang sudah ditetapkan 3 Mei 2021 lalu.

Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Makassar, Helmy Budiman, mengatakan, untuk proses pencairannya sudah dimulai sejak Rabu (5/5) dan diharapkan sudah bisa rampung secara keseluruhan pada hari ini, Jumat (7/5).
Sejumlah OPD sudah memasukkan Surat Perintah Membayar (SPM) dan sementara diproses pencairannya. Namun ada juga OPD yang hingga kemarin belum menyetor SPM.
“Kami berharap OPD yang belum memasukkan kelengkapan administrasi untuk pembayaran gaji -13 bisa segera dimasukkan. Supaya proses pencairannya bisa rampung seluruhnya besok (hari ini),” ungkap Budiman saat ditemui di Balai Kota Makassar, Kamis (6/5).
Dia mengemukakan, dalam komponen gaji 14 ini, beberapa tunjangan dimasukkan di luar gaji pokok. Yakni tunjangan beras, tunjangan jabatan, dan tunjangan keluarga.
Namun karena keterbatasan anggaran akibat PAD Pemkot Makassar yang masih minim, tunjangan kinerja atau populer disebut tunjangan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) tidak dimasukkan.
Pemkot Makassar menyiapkan anggaran sekitar Rp52 miliar lebih untuk pembayaran THR ASN itu.
Berbeda dengan tahun sebelumnya, di tahun 2021 ini, seluruh ASN, termasuk pejabat eselon II bisa menikmati THR.
“Tahun lalu kan, pejabat eselon II tidak menikmati THR. Alhamdulillah tahun ini bisa merasakan juga, ” tambah Helmy.
Bukan hanya THR, Pemkot Makassar saat ini juga tengah mempersiapkan rencana pembayaran gaji 13.
Gaji 13 ini bakal dibayarkan setelah bulan Juni, atau menjelang tahun ajaran baru.
“Kita juga masih menunggu anggarannya dari pusat. Namun untuk aturan pembayarannya, kita sudah atur semua dalam Perwali Nomor 27 Tahun 2021,” jelas Helmy. (rhm)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini