Connect with us

Headline

Danny Benahi Sistem Pemadam di Lorong, ASS Sarankan APAR

-

IST LOKASI KEBAKARAN-Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman datang ke lokasi kebakaran di Lorong 149 Jalan Tinumbu, Kelurahan Layang, Kecamatan Bontoala, Kota Makassar, Minggu (9/5). Ia berharap disiapkan APAR di kawasan rawan kebakaran.

MAKASSAR, BKM — Kebakaran hebat kembali melanda pemukiman padat penduduk di Kota Makassar, Minggi dini hari (9/5) pukul 00.05 Wita. Lokasinya di Lorong 149 Jalan Tinumbu, Kelurahan Layang, Kecamatan Bontoala.
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mendatangi lokasi kebakaran, kemarin. Sebanyak 28 rumah petak rata dengan tanah akibat dilalap si jago merah, dan mengakibatkan 43 kepala keluarga kehilangan tempat tinggal.
Peristiwa ini mendapat perhatian serius dari Danny –sapaan karib Mih Ramdhan Pomanto–. Di lokasii kebakaran, ia menerima keluhan dari warga. Mereka menyampaikan bahwa pemukiman tempat tinggalnya hanya memiliki satu akses keluar masuk. Sebab akses lainnya sudah tertutup oleh pemukiman warga.
“Kita lihat kebakaran di sini risikonya sangat besar. Lorong sempit dan buntu. Kita akan carikan solusi bagaimana akses lorong tidak hanya satu. Kita bersyukur dan Alhamdulillah sekali tidak ada korban jiwa, karena ini sangat rawan sekali,” kata Danny.
Mengantisipasi kejadian serupa, menurut Danny, pihaknya akan segera berbenah dengan sistem pemadam kebakaran yang akan diperbanyak di lorong-lorong “Pemadam kebakaran di lorong dulu sudah menjadi program kami yang kemudian dihentikan. Insyaallah, karena memang kesulitan paling besar pada saat ada kebakaran di lorong. Pemerintah kota akan berbenah untuk terus melatih warga menggunakan motor dan mobil kecil pemadam dan unitnya kami perbanyak,” jelas Danny.
Danny juga menyempatkan melihat dapur umum yang disediakan Dinas Sosial dan tenda bagi pengungsi yang telah disediakan BPBD Makassar.
Camat Bontoala Samsul Bahri yang mengetahui terjadi kebakaran di Tinumbu, langsung datang ke lokasi bencana. Ia melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait agar proses pemadaman api berjalan dengan cepat dan lancar.
Selain itu, dia juga membantu proses evakuasi warga yang terdampak ke tempat yang aman.
Setelah api berhasil dipadamkan, ia lalu menginstruksikan beberapa unit armada sampah untuk mengangkut sisa puing kebakaran di lokasi kejadian.

Harusnya Ada APAR

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (ASS) menyampaikan duka kepada masyarakat yang menjadi korban rumahnya yang terbakar. Apalagi musibah ini terjadi beberapa hari jelang hari raya Idulfitri 1442 Hijriah.
Ia berjalan menyusuri lokasi yang tampak tersisa puing-puing kebakaran itu. ASS berbincang-bincang dengan masyarakat sekitar, serta memberikan semangat untuk tetap tabah atas musibah yang menimpanya.
“Kami menyampaikan duka mendalam atas kejadian kebakaran yang menghanguskan beberapa rumah warga. Sabarki bapak ibu. Insyaallah ada hikmahnya,” ujar Andi Sudirman kepada warga.
Diapun menyarankan pentingnya menghadirkan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) portabel di setiap lorong ataupun kelurahan, khususnya di kawasan padat penduduk. “Harusnya ada APAR kecil dan besar. Apalagi di lokasi rawan penduduk. Dan perlu ada masyarakat yang dilatih untuk menggunakannya,” terangnya.
“Semoga ke depan ini dapat menjadi perhatian, bukan hanya di Kota Makassar tapi juga di kabupaten/kota lainnya. Meski APAR kecil, bisa digunakan untuk alat pertolongan pertama guna memadamkan api,” tambahnya.
Kepada korban kebakaran, Andi Sudirman menyerahkan bantuan Pemprov Sulsel melalui Dinas Sosial dan BPBD berupa makanan siap saji, serta bantuan logistik lainnya. (rhm-jun)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini