Connect with us

Headline

Hampir Sepekan Warga Terisolasi Longsor di Latimojong

-

LUWU, BKM — Jalan poros di Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu kembali longsor. Akibatnya, jalur ini tidak bisa dilalui.
Titik longsor terparah berada di Desa Pajang dan Kadundung. Jika sebelumnya jalan ini masih bisa dilalui sepeda motor, kini pejalan kakipun tak dapat melintas.
Arwan, warga Pajang, mengatakan tingginya curah hujan, menyebabkan terjadinya longsor susulan. Material lumpur dan pohon kayu menutup seluruh badan jalan.
“Kepada pemerintah dan wakil rakyat di parlemen, ayo ke lokasi longsor. Lihat langsung bagaimana kondisi di dua desa ini. Kasihan masyarakat, sudah hampir sepekan jalan longsor,” kata Arwan, Senin (10/5).
Arwan juga menambahkan bahwa banyak warga Latimojong hendak ke Belopa untuk berbelanja persiapan hari raya Idulfitri, namun terhalang karena adanya longsor ini.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kabupaten Luwu Usdin Iskandar yang dikonfirmasi, menjelaskan bahwa penyebab terjadinya longsor yaitu karena tingginya curah hujan. “Kemungkinan karena curah hujan yang tinggi, sehingga terjadi longsor,” ujarnya.
Pihaknya, lanjut Usdin, telah mengirim alat berat ke lokasi untuk membersihkan material longsor. Setibanya di lokasi mereka langsung bekerja.

Diakui Usdin, jalanan di Kecamatan Latimojong ini masih dalam tahap pemeliharaan, sehingga pihak rekanan menyiapkan alat berat. “Ada alat yang disiapkan oleh pihak rekanan di Kadundung,” ungkapnya.
Dua hari sebelumnya, longsor terjadi di dua titik. Warga harus mengangkat sepeda motor beramai-ramai agar bisa melanjutkan perjalanan. Sementara kendaraan roda empat tidak dapat melintas. Kondisi ini menyebabkan pasokan pangan ke tujuh desa di Kecamatan Latimojong tidak dapat dilakukan.
Sekadar diketahui, jalanan di Latimojong ini dikerjakan oleh Dinas PUPR Kabupaten Luwu dengan menelan anggaran sebesar Rp25 miliar yang bersumber dari APBD Provinsi Sulsel. Infrastruktur ini diresmikan oleh Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Latimojong, Sabtu, 27 Maret 2021 lalu. (*/rus)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini