Connect with us

Politik

Prihatin SMAN XII Mappak Tertimpa Longsor

-

IST John Rende Mangontan

MAKALE, BKM –Politisi Partai Golkar DPRD Sulsel John Rende Mangontan (JRM) mengaku prihatin dengan kondisi SMA XII Mappa Tana Toraja yang baru saja tertimpa longsor.
Saat melakukan reses, JRM menemukan sekolah tersebut dengan kondisi yang cukup memprihatinkan lantaran tertimpa longsor 2019 lalu.
Beberapa ruang kelas sudah tidak layak untuk proses belajar mengajar, termasuk ruang komputer turut ambruk.
“Kondisi SMAN XII Mappak memprihatinkan, belum termasuk jalan menuju kecamatan terpencil Tana Toraja ini terjal, licin dengan tikungan berbahaya,”ujar JRM, Sabtu (8/5).

JRM telah mendapat keterangan dari pihak sekolah bila sejak SMAN XII tertimpa longsor telah dilaporkan ke Diknas Provinsi Sulsel, bahkan telah ditinjau oleh pejabat dari Diknas dan TGUPP, “Hanya saja belum ada penanganan sampai sekarang. Seharusnya Pemprov segera menyikapi persoalan ini. Apalagi didaerah terpencil dengan kondisi infra struktur jalan memprihatinkan. Kasian anak didik dan gurunya setiap kali hujan mereka was-was sebab rawan longsor susulan,”jelas JRM.
Untuk itu, JRM berharap agar Pemprov Sulsel melalui OPD tehnis Diknas segera atasi fenomena bencana di SMAN XII Mappak, sebab mengganggu kelancaran proses belajar mengajar berjalan baik.

Pengusaha Papua ini menjelaskan bila kondisi serta struktur tanah di sekitar sekolah sangat labil dan berpasir.
Apa lagi bangunan sekolah diatas tanah permukaan sehingga sangat rawan dan mudah runtuh.
Sehingga solusi uang harus dilakukan yakni pematangan lahan dengan sistem trasering, pentalutan dengan perhitungan dan desain matang.
“Perbaikam drainase, penghijauan kawasan sekolah agar lestari. Persoalan lain di SMAN XII Tana Toraja ini minimnya tenaga pengajar yang berstatus PNS. Dari dari 17 tenaga pengajar yang ada hanya 2 orang berstatus ASN selebihnya tenaga honor,” pungkas JRM (gus/rif/c).

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini