Connect with us

Gojentakmapan

Puluhan Warga Tionghoa Divaksin

-

BKM/SAR VAKSINASI -- Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, memantau kegiatan vaksinasi yang diikuti warga lansia Tionghoa di Baruga Karaeng Galesong kantor Pemkab Gowa.

GOWA, BKM — Hingga pukul 12.00 Wita, Senin siang (10/5), sebanyak 60-an dari 80 warga Tionghoa yang tergabung dalam Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kabupaten Gowa, ikut divaksin di Baruga Karaeng Galesong Pemkab Gowa.
Vaksinasi yang dilaksanakan Tim Nakes dan Vaksinator Puskesmas Somba Opu dikoordinir Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Gowa, Gaffar, ini dipantau langsung Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.
Kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk warga Tionghoa ini merupakan dukungan langsung dari Pemkab Gowa. Bupati Adnan pun mengapresiasi antusiasme warga Tionghoa ikut vaksin yang diinisiasi PSMTI Gowa tersebut.

Dikatakan Adnan, ini merupakan salah satu cara untuk mengakselerasi percepatan kekebalan kelompok (herd immunity). ”Hari ini kita bekerjasama dengan PSMTI untuk melakukan vaksinasi covid 19. Jadi vaksinasi ini tujuannya untuk herd immunity yaitu kekebalan kelompok. Untuk mencapai kekebalan kelompok itu dibutuhkan 70 persen dari jumlah penduduk yang sudah divaksin,” kata Adnan.
Ke depan kata Adnan, Pemkab Gowa akan terus melakukan akselerasi percepatan vaksinasi untuk membentuk kekebalan kelompok. ”Kita targetkan besok atau hari Rabu kita lakukan lagi vaksinasi kepada teman-teman ojek online Grab. Ini dilakukan terus sebagai proses untuk akselerasi membentuk kekebalan kelompok tersebut,” tambah Adnan.

Ketua PSMTI Gowa, Eleandy Ho, mengatakan, kegiatan vaksinasi yang diutamakan untuk lanjut usia ini untuk membantu Pemkab Gowa menyukseskan vaksinasi Covid-19. ”Kegiatan hari ini untuk membantu pemerintah terkait vaksinasi bagi lanjut usia dan kami memang utamakan lansia,” kata Eleandy Ho.
Sementara itu, Ketua Bidang Sosial PSMTI Gowa sekaligus Ketua Panitia Pelaksana Vaksinasi, Yerry, berharap, kegiatan ini bisa membantu kinerja-kinerja pemerintah khususnya dalam program vaksinasi ini.
”Memang diperlukan kolaborasi yang baik antara organisasi masyarakat dengan pemerintah supaya masyarakat yang membutuhkan cepat mendapatkan vaksin. Apalagi untuk kaum lansia. Semoga apa yang kami lakukan hari ini betul-betul membantu peserta maupun pemerintah,” kata Yerry.

Terpisah, Kabid P2P Dinkes Gowa, Gaffar yang juga Jubir Satuan Gugus Covid-19 Gowa, menjelaskab, vaksinasi yang dilaksanakan tersebut diikuti warga Tionghoa khususnya yang lansia dengan jatah vaksin 80 dosis. Namun pihaknya menyiapkan 100 dosis.
Jubir Satuan Gugus Covid 19 Gowa ini pun mengingatkan masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan dan pola hidup sehat. Apalagi saat ini, gelombang ketiga penyebaran Covid-19 mulai masuk lagi.
Meski belum ada mutasi masuk Gowa, namun Gaffar tetap meminta masyarakat untuk waspada dan tetap terapkan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan minum vitamin). (sar)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini