Connect with us

Sulselbar

Penghina Bupati Dijerat Pasal Berlapis

-

AKP Ardy Yusuf

BONE, BKM — Tersangka pencemaran nama baik Bupati Bone dan Kades Allamuang Patue melalui media sosial, Arfan (39) dijerat pasal berlapis.

Kasat Reskrim Polres Bone AKP Ardy Yusuf mengatakan hingga kini pihaknya masih terus mendalami kasus ini. Pascapelaporan Arfan (39) oleh Kabag Hukum Pemkab Bone Anwar karena telah mencemarkan nama baik Bupati Bone dan juga keluarganya.
Pelaku ditangkap di Dusun Bunne Desa Allamungpatue Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone pada sabtu malam lalu. Pelaku mengakui semua perbuatannya dan telah menuliskan kalimat yang tidak senonoh di facebook.
Alasan pelaku melakukan aksi tersebut lantaran kesal terhadap kinerja Bupati Bone dan Pemdes Allamung Patue.

Kasat Reskrim Polres Palopo menambahkan pelaku diketahui baru sekitar tiga bulan berada di Dusun Bunne karena ikut dengan orang tuanya, sebelumnya dia merantau di Kalimantan tepatnya di Samarinda.
“Alasan pelaku belum bisa langsung diterima, karena dia baru beberapa bulan disini. Tentu tidak masuk diakal dia bisa langsung tahu semuanya kinerja pemerintah, untuk itu dalam kasus ini sementara kami koordinasikan dengan ahli bahasa di Polda Sulsel, karena pelaku menggunakan bahasa bugis,”tambah Ardy.

Selain itu AKP Ardy juga mengatakan bahwa pelaku akan dijerat dengan pasal berlapis yakni pasal 27 UU ITE dan Pasal 14 UU nomor 1 tahun 1946 tentang “Barang siapa, dengan menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong, dengan sengaja menerbitkan keonaran dikalangan rakyat, dihukum dengan hukuman penjara setinggi tingginya sepuluh tahun”.
“Selain kita kenakan pasal 27 UU ITE, pelaku juga kena pasal penghinaan serta telah sengaja membuat keonaran di tengah masyarakat,kami juga akan melakukan tes kejiwaan terhadap pelaku, karena sebelumnya pelaku mengakui kalau dia pernah menggunakan narkotika tapi itu belum bisa dibuktikan”Tegasnya
Salah seorang warga yang namanya enggan ditulis mengatakan bahwa pelaku tidak mengalami gangguan kejiwaan.

“Setahu saya orangnya baik-baik saja, tidak ada unsur mengalami gangguan jiwa, karena ketika diajak ngobrol orangnya aktif berkomunikasi,selain itu di kampung juga tidak pernah ada cerita-cerita kalau dia mengalami gangguan jiwa karena tidak pernah lari kesana-kemari,”kata warga setempat.
Kini pelaku bersama barang bukti telah diamankan ke Mapolres Bone. (man/C)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini