Connect with us

Metro

BPKP Diminta Selidiki Pendapatan dan Retribusi

-

MAKASSAR, BKM– Target pendapatan Pemerintah Kota Makassar yang diperoleh dari sejumlah jenis pajak dan retribusi daerah sejauh ini sudah baik tapi perlu dimaksimalkan.
Bahkan dibutuhkan upaya untuk lebih menggenjot instansi terkait yaitu Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) untuk memaksimalkan kinerja agar target sesuai yang diharapkan.
Selain itu, dibutuhkan pengawasan yang lebih intensif agar tidak terjadi kebocoran dalam proses penarikan retribusi dan pendapatan tersebuit.
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, juga mengintruksikan melakukan evaluasi terhadap jenis-jenis pajak dan retribusi daerah.
Menyusul belum maksimalnya capaian pendapatan pada tahun 2020, berdasarkan hasil temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
Hal itu disampaikan usai bertemu tim Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Sulawesi Selatan di Balaikota.
“Kebetulan ada pemeriksaan tentang pendapatan. Saya kira sejalan dengan apa yang kami idam-idamkan, bahwa pendapatan ini kita harus scanning memang,”
“Kalau saya, saya bilang tuntaskan mi sekalian. Termasuk diselidiki semua jenis pajak, termasuk juga BUMD (Perusda),” sambungnya.
Pihak Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Agus Rianto mengatakan, kedatangan dirinya bersama tim untuk memastikan pelaksanaan proses pengumpulan pajak telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
“Jadi kita turun melihat potensinya seperti apa. Hasilnya seperti apa, ini kan kita evaluasi tata kelola dalam APBD 2020. Kan ada temuan itu,” jelasnya.
Terkait teknis pemeriksaan yang dilakukan, dia enggan menjelaskan secara detail. Hanya disebutkan melakukan pengumpulan data.
“Kita evaluasi tata kelolanya, jadi kita bantu pemda cara meningkatkan pajak. Ini bukan audit investigasi yah,” tambahnya.
Sedangkan untuk pemeriksaan beberapa proyek, tim belum memastikan. (rhm)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini