Connect with us

Headline

DLU Siapkan Pelayaran Makassar-Selayar Dua Kali Seminggu

-

MAKASSAR, BKM — Ini kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Selayar yang bermukim di Makassar dan sekitarnya. Anda bisa pulang ke kampung halaman dengan menggunakan transportasi laut dalam tempo yang tidak terlalu lama. PT Dharma Lautan Utama telah mengoperasikan satu armadanya untuk pelayaran langsung dari Makassar ke Selayar.
Hampir sebulan melayani rute ini, PT DLU melakukan pelayaran hanya sekali dalam sepekan, yaitu pada Jumat malam. Kapal berangkat dari Makassar pukul 20.00 Wita dan tiba di Benteng, Selayar pada Sabtu pagi. Selanjutnya, dari Selayar ke Makassar pada Senin pagi.

”Melihat animo masyarakat yang cukup tinggi sejak pengoperasian kapal, DLU pun akan menambah hari pelayaran menjadi dua hari. Rencana pelayaran tambahan itu pada Selasa malam berangkat dari Makassar ke Selayar, dan dari Selayar ke Makassar pada Jumat pagi,” ungkap Manajer Cabang PT DLU Makassar Budiono dalam podcast untuk kanal Youtube Harian Berita Kota Makassar, kamis (10/6).
Diakui Budiono, pembukaan rute baru dari Makassar yang langsung ke Benteng, Selayar ini sangat efektif. Orang Selayar yang ada di Makassar sudah bisa kembali ke daerahnya saat akhir pekan. Mereka yang bekerja di Makassar bisa berangkat untuk menemui keluarganya di Selayar.
”Kapal berangkat jam 8 malam, tiba di Selayar pada Sabtu pagi. Ini waktu paling efektif untuk bertemu keluarga di sana. Respons masyarakat sangat baik, karena ini transportasi yang efisien. Penumpang bisa sampai dengan cepat dan tidak capek. Waktu tempuhnya kurang lebih 8-9 jam. Ini sangat membantu masyarakat Selayar,” ujarnya.
Untuk tarif tiket bagi penumpang, Budiono menyebut angka Rp150 ribu. Ia menyebut kapal yang dioperasikannya adalah armada untuk mengangkut orang hendak berwisata. Sebab ada sejumlah fasilitas yang disiapkan di atas kapal.

”Hanya sekali membeli tiket, penumpang sudah free tempat tidur. Bisa memilih tempat tidur yang disediakan. Ada pula ruangan yang ber-AC. Termasuk free hiburan live musik. Ada pula fasilitas free makan satu kali, karena perjalanan tidak terlalu lama,” jelasnya.
Sebenarnya, menurut Budiono, pihak DLU awalnya hendak melayani rute Selayar-Makassar pada Minggu malam. Bersamaan ketika mereka yang bekerja di Makassar hendak kembali dari Selayar. Namun hal itu tidak bisa dilakukan karena terbentur pasang surut air di sana.
Kota Benteng, Selayar juga menjadi transit bagi armada DLU sebelum melanjutkan perjalanan ke Bau-bau, Sulawesi Tenggara. Pembukaan rute Makassar ke Bau-bau ini menyikapi jauhnya jarak yang mesti ditempuh warga Selayar yang hendak ke Bau-bau. Mereka biasanya terlebih dahulu harus ke Bajoe, Bone lalu ke Kolaka, Sultra dan melanjutkan perjalanan ke Bau-bau. ”Sekarang ini hanya sekali naik kapal bisa langsung ke Bau-bau,” imbuhnya.
Rute baru yang dibuka DLU, diakui Budi bukan menjadi pesaing bagi moda transportasi lain yang sudah ada sebelumnya. Karena armadanya tidak setiap hari melayani penumpang dari Makassar ke Selayar. (*/rus)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini