Connect with us

Metro

Warga Tiga Lembang Dibuat Resah

-

Muh Syakur

MAKALE, BKM — Warga yang tersebar di tiga Lembang di Kecamatan Makale Selatan dibuat resah gegara getaran dan gemuruh muncul dari dalam tanah kerap terjadi pada siang dan malam hari.
Dampak dari getaran tanah tersebut dirasakan warga bermukim di tiga Lembang Patekke, Sisong dan Palesan, bahkan beberapa rumah warga ikut mengalami keretakan.

Meskipun belum pasti penyebab getaran tanah tersebut, namun dugaan sementara dampak panjang dari aktivitas peledakan dilakukan PT Malea Energy Hydropower sebelumnya. Termasuk artepak diledakkan menurut femeo legenda orang Toraja berbahaya jika tidak permisi secara adat (aluk).
PT Malea didesak bertanggungjawab, demikian pula
pihak terkait melakukan pengecekan dan penelitian.

Terpisah management PT Malea, Muh Syakur saat dikonfirmasi menjelaskan meskipun belum pasti getaran dan gemuruh dari dalam tanah meresahkan warga, namun pihak PT Malea merespon baik.
”Memastikan penyebab getaran dan guncangan PT Malea sudah menurunkan tim teknis ke lokasi melalukan pemantauan dan penelitian,” ujar Syakur.
Soal anggapan masyarakat bahwa guncangan terjadi lantaran PT Malea kerap melakukan peledakan, Syakur menepis jika pihaknya dalam setahun terakhir sudah tidak ada lagi peledakan (gus/C)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini